Penyakit Ginjal hingga Jantung Berbahaya Untuk Pasien Corona

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jendral Doni Monardo menyebut deretan penyakit yang amat berbahaya bagi penderita virus corona. Penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian.

Doni mengungkapkan, berdasarkan informasi yang didapatnya dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 80 persen pasien corona meninggal karena memiliki penyakit penyerta yakni ginjal.

“Saya dapat data dari Kemenkes dan tim pakar bahwa penyakit penyerta yang paling berisiko adalah penderita ginjal, jadi kalau dia terserang Covid-19 angka kematiannya mencapai lebih dari 80 persen,” kata Doni saat berbincang dengan iNews di BNPB, Sabtu (6/6/2020).

Kemudian kata Doni, penyakit kedua berkaitan dengan imunitas yang rendah seperti HIV Aids, dan penderita lupus.

“Kemudian beberapa penyakit lainnya seperti jantung, kanker, itu adalah penyakit yang sangat berisiko ketika terpapar Covid-19,” jelasnya.

Karena itu Doni mengingatkan semua elemen masyarakat menjaga kelompok orang-orang yang memiliki penyakit penyerta tersebut agar tak terkena virus corona dengan menjaga protokol kesehatan.

Terlebih tambahnya, banyak di antara pasien positif virus corona merupakan orang tanpa gejala atau (OTG).

“Kelompok ini adalah kelompok rentan harus kita lindungi. Yang harus kita sampaikan jangan berada di area publik karena bisa saja diantara mereka adalah penderita Covid-19,” jelasnya.

Menurut Doni, peran masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan sangat penting, dengan begitu bisa menekan angka kematian.

“Kalau mereka bisa kita selamatkan kita bisa kurangi angka kematian, dan ini jadi prestasi bangsa kita. Kalau masyarakat semuanya sadar artinya benteng itu bukan di rumah sakit tapi di diri kita semua,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI