Penyakit ISPA Mengintai di Musim Hujan, Waspada!

Memasuki musim penghujan di pengujung tahun 2019, masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Sebab banyak sekali potensi penyakit yang muncul selama musim penghujan.

Dokter Sumiyati Yusup, mengatakan salah satu penyakit yang paling sering dialami kala musim hujan adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Penyakit ini disebabkan akibat cuaca yang mulai dingin dan dapat menyerang segala usia.

"Biasanya kalau musim hujan, penyakit pertama yang sering ditemui beberapa minggu terakhir ini adalah ISPA. Gangguan pencernaan seperti diare juga rentan menyerang masyarakat di musim penghujan" ujar dr. Sumiyati yang juga Pimpinan Klinik Pratama Permata Bunda saat ditemui Okezone di Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Selain ISPA dan gangguan pencernaan, penyakit musiman lainnya yang berasal dari virus seperti penyakit kulit dan tuberkulosis (TBC) turut berpotensi.

TBC menyerang tubuh akibat reaksi dari kuman saat musim kemarau. Alhasil cara efektif untuk mengatasinya adalah membiasakan pola hidup sehat.

“Untuk menghindari terpaparnya penyakit ini salah satunya adalah hidup sehat dengan rutin berolahraga. Pola makan pun harus diperhatikan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran di setiap harinya. Mengonsumsi minuman dan makanan hangat juga sangat disarankan,” lanjutnya.

Mengonsumsi makanan hangat bisa membantu tubuh untuk mengatur suhu. Suhu tubuh yang tepat tentunya bisa memberikan tambahan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit.

"Disarankan memilih kudapan hangat seperti sup. Meski demikian, asupan air dan buah harus cukup. Sore hari saya tidak anjurkan kopi. Bisa mengonsumsi wedang untuk menghangatkan tubuh supaya stamina tetap terjaga," jelasnya.

 

 

 

BERITA REKOMENDASI