Percepatan Vaksinasi, Dosen S1 Kebidanan dan Profesi Bidan UAA Ambil Bagian Jadi Relawan Vaksinator Covid-19

SEJAK diumumkan sebagai pandemi global oleh WHO pada bulan maret 2020 lalu, virus Covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Ditengah keterbatasan pengetahuan dan informasi mengenai virus covid-19 pada saat itu, berbagai usaha dilakukan oleh pemerintah untuk dapat menghentikan penyebaran virus.

Banyak kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19 ini, diantaranya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PSBB Transisi, hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Selain itu edukasi kepada masyarakat juga terus dilakukan, terutama mengenai protokol kesehatan selama pandemi seperti penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mencegah kerumunan. Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah ini tentunya memerlukan dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat terutama kesadaran tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Seiring dengan berjalannya waktu, penelitian terus dilakukan tentang virus Covid 19 ini, data dan informasi sudah banyak tersedia, termasuk vaksin untuk melawan virus ini juga sudah berhasil ditemukan oleh para ilmuan. Sampai saat ini sudah lebih dari 100 juta masyarakat indonesia yang telah divaksin. Pemerintah juga masih terus fokus dalam usaha percepatan cakupan vaksinasi covid-19. Univeristas Alma Ata Sebagai salah satu Institusi Pendidikan yang memiliki Fakultas Ilmu Kesehatan juga tidak ketinggalan dalam mengambil peran. Sering kali dosen dan mahasiswa diturunkan untuk menjadi relawan vaksinator Covid-19 terutama di Wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu Program Studi yang sering kali terlibat dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 di Universitas Alma Ata adalah Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan.

“Dosen Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata selama Tahun 2021 ini sudah beberapa kali ikut mengambil bagian sebagai relawan vaksinator di berbagai kegiatan yang diadakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Pada tanggal 19-21 Agustus 2021 Dosen Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata terlibat dalam Kegiatan Vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagai 1.600 santri dan santriwati di Pondok Pesantren Ali Maksum, Krapyak, Bantul, DIY. Kemudian Dosen Prodi S1 Kebidanan Universitas Alma ata kembali diminta menjadi relawan vaksinator pada vaksinasi dosis ke-dua yang bagi 1.600 santri dan santriwati tersebut pada tanggal 18-19 September 2021,” ujar Kaprodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata, Fatimatasari, M.Keb., Bd.

BERITA REKOMENDASI