Percepatan Vaksinasi, Dosen S1 Kebidanan dan Profesi Bidan UAA Ambil Bagian Jadi Relawan Vaksinator Covid-19

Pada tanggal 13 September 2021, Dosen Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata juga turut membantu kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi warga Kelurahan Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Dalam kegiatan ini dosen Prodi S1 kebidanan Universitas Alma Ata bertindak sebagai relawan vaksinator. Terdapat lebih kurang 1.335 orang yang mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. Keikutsertaan Dosen Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan ini juga di apresiasi oleh Lurah Keluarahan Guwosari, yang mana memang telah lama menjalin kerja sama dengan Universitas Alma Ata.

Beberapa waktu lalu dosen Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata juga menjadi tenaga vaksinator untuk kegiatan yang dilakukan oleh Universitas Alma Ata bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bantul dan BKKBN. Kegiatan ini dilaksanakan pada 27 Oktober 2021 yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi pada mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Alma Ata.

“Dalam beberapa rangkain kegiatan tersebut, hampir semua dosen S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma ikut ambil bagian, beberapa bahkan menjadi relawan vaksinator di lebih dari dua kegiatan, selain itu juga terdapat beberapa mahasiswa yang diajak membantu dibagian pendaftaran atau lainnya. Beberapa dosen Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata yang sering berpartisipasi sebagai relawan vaksinator adalah Ibu Linda Yulyani, S.S.T., M.Keb, Ibu Indah Wijayanti, S.S.T., M.Keb, Ibu Claudia Banowati Subarto, S.S.T., M.Keb, Ibu Prasetya Lestari, S.ST., M.Kes,” imbuh Fatimatasari.

Menurut Fatimatasari, Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Alma Ata kepada pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19, selain tentunya peran dosen dan institusi pendidikan kesehatan tentunya dalam melakukan edukasi dan promosi kesehatan tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19. Hal ini juga merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Pendidikan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen, yaitu pengabdian kepada masyarakat.(*)

BERITA REKOMENDASI