Pipis Kurang Lancar, Coba Minum ‘Legen’

Editor: KRjogja/Gus

INDONESIA dikenal kaya sumber daya alam dan sebagaian di antaranya mampu mendukung kesehatan badan secara alami. Selain rempah-rempah, bahan alami legen yang bisa diperoleh dari bunga kelapa (manggar) termasuk diyakini memiliki khasiat kesehatan.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com Dengan rutin mengkonsumsi minuman legen, selain membantu mencukupi kebutuhan vitamin bagi tubuh juga berdampak bagus untuk kesehatan. Artinya juga termasuk usaha atau ikhtiar meraih sehat dengan menggunakan bahan-bahan alami asal Indonesia. Bukan hal aneh jika minuman legen ketika dipasarkan banyak konsumen yang berminat membeli. Apalagi mempunyai rasa enak dengan cita rasa yang khasnya.

“Legen antara lain mempunyai kandungan vitamin B dan C, mengandung beberapa mineral dan rendah kalori,” ungkap salah satu penjual legen, Hermi Yuliasih, belum lama ini.

Ditemui di kompleks Pasar Ndelik kawasan Tridadi Sleman, Hermi menambahkan, legen tak sekadar untuk mengatasi haus, namun juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Beberapa manfaat pentingnya, antara lain mampu sebagai penetral toksin atau racun di dalam tubuh. Artinya juga dapat sebagai penawar zat-zat tertentu yang bersifat toksin serta berakibat negatif bagi kesehatan. Bahkan mampu mencegah dehidrasi, terlebih saat banyak berkurang cairan/keringat seperti setelah olahraga/kerja keras, sehingg diperlukan minuman yang kaya elektrolit seperti legen.

Selain itu dengan rutin minum legen, akan memperlancar urin dan kisaran sebulan setelahnya akan dapat membantu mengikis batuan kalsium yang ada di saluran kencing/ ginjal. Alhasil, air legen juga dipercaya bisa membantu kesehatan fungsi ginjal.

“Agar lebih meyakinkan kepada konsumen, bok tempat menyimpan legen kami beri tulisan juga bahwa air minum ini antara lain mengandung vitamin serta bebas dari pengawet maupun pemanis sintetis. Legen sudah mempunyai rasa manis alami,” tandas Hermi.

Tak sedikit penyuka legen yang merasa cocok, dengan minum legen membuat stamina yang tadinya menurun menjadi kembali naik. Tak ketinggalan air legen juga dipercaya bagus untuk ibu hamil, hanya saja tak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Adapun garis besar untuk mendapatkan legen dari pohon kelapa, yakni dengan cara menyadap dan menampung getah bunga kelapa menggunakan sebuah tabung yang terbuat dari potongan batang bambu. Lama penyadapan legen, biasanya dilakukan selama semalam, misalnya sore hari mulai menyadap legen, maka pada keesokan paginya, legen sudah bisa terkumpul untuk diolah. Satu manggar umumnya bisa menghasilkan tiga hingga enam tabung air legen.

Setelah menjadi wujud minuman legen, para penjual minuman ini antara lain cukup berada di pinggir jalan- jalan yang strategis. Sering juga ditemukan di pasar tradisional maupun saat ada bazar dan pameran. Legen asli atau murni, biasa memiliki warna keruh dan cairan yang agak kental. Legen asli juga memiliki rasa manis tanpa ada rasa pahit seperti halnya saat minum minuman yang mengandung sakarin.

“Jenis makanan yang menggunakan biji kemlandingan seperti dibuat bothok, juga bagus untuk kesehatan,” papar Hermi. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI