Pola Makan Pengaruhi Proses Penuaan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pola makan menjadi pengaruh utama terhadap proses penuaan tubuh manusia. Bahkan terkadang orang yang masih berusia muda terlihat lebih tua dari usianya karena pola makan yang kurang baik.

Begitupun orang yang sudah berusia tua namun masih telihat muda dari usianya, karena pola makan dan olahraga yang teratur.

“Pola makan yang tidak seimbang dengan kebutuhan tubuh, justru akan menimbulkan proses penuaan lebih cepat,” kata dr Wahyu Triasmara (33) pengelola Klinik Drwskincare, Kamis (10/05/2018).

Pada usia tertentu lanjut dr Wahyu Triasmara, manusia harus mengurangi asupan nasi, dan lebih diperbanyak sayuran, buah, daging, dan telur. “Saya sudah beberapa bulan tidak makan nasi, tubuh terasa lebih enak dan fres,” katanya seraya menyebut, kebiasaan orang merasa belum makan kalau belum makan nasi.

Proses penuaan terkadang juga bisa terpengaruh oleh sinar matahari langsung karena mengandung sinar ultraviolet. Maka orang berkendaraan atau ketika berada pada terik matahari lebih baik melindungi diri dengan masker, agar muka tidak rusak. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI