Program Winning Meals Ajinomoto Terbukti Berhasil

JAKARTA.KRJOGJA.com – Program Winning Meals 'Kachimeshi' yang digelar Ajinomoto untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan performa para atlet, telah membuahkan hasil. Terbukti, atlet renang nasional I Gede Siman Sudarwata yang mengikuti program tersebut, berhasil meraih medali emas SEA Games 2019 untuk cabang olahraga nomor punggung putra 50 meter.

Ahli nutrisi olahraga yang menangani I Gede Siman Sudarwata sejak tahun 2017 menyebutkan asupan nutrisi tepat sebagai formula performa maksimalnya. Prestasi yang ditorehkan Siman bukan hanya dari kerja kerasnya selama latihan, tetapi juga berasal dari dukungan ahli gizi olahraga yang mengontrol asupan nutrisi yang dikonsumsi Gede Siman setiap harinya.

"Melalui program Winning Meals yang didukung Ajinomoto Indonesia, Siman dibantu dengan pemberian asupan makanan bernutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuhnya," ujar ahli gizi olahraga, Emilia, kemarin.

Emilia mengatakan, gizi berperan sangat penting bagi atlet untuk mencapai performa terbaiknya. Seorang atlet, menurutnya tidak bisa makan sembarangan, tapi harus mengonsumsi makanan yang disesuaikan dengan kondisi atlet.

"Kalau bicara olahraga di Indonesia itu, kekurangannya satu, asupan makanan tak dipandang sebagai hal teknis, tapi soal emosional," ungkap Emilia.

Pelatih timnas nasional renang Albert Sutanto menambahkan, asupan nutrisi yang terjaga telah membantu Siman lebih cepat pulih dari cedera bahu yang diderita sejak akhir tahun 2018. "Siman sempat cedera bahu. Bahunya dislocated di kejuaraan di Myanmar yang mengakibatkan Siman tidak berlatih dengan benar. Tapi berkat asupan nutrisi yang teratur telah membantunya lebih cepat pulih," katanya.

Gede Siman juga mengaku bangga bisa terpilih mengikuti program Winning Meals yang diselenggarakan Ajinomoto tersebut. Ia pun meyakini, dengan menjaga asupan makanan, bisa tampil lebih maksimal.

Program Winning Meals 'Kachimesi' diawali di negara Jepang yang menjadi inisiator. Ajinomoto sendiri disebut merupakan perusahaan Jepang pertama yang berkomitmen dan berkontribusi menjadi sponsor resmi berbagai ajang olahraga Internasional seperti SEA Games.

Presiden Direktur PT. Ajinomoto Indonesia Ichiro Sakakura mengatakan, pihaknya juga melakukan berbagai kegiatan edukasi perihal kecukupan gizi, yang mencakup penyediaan produk-produk Ajinomoto sekaligus mempromosikan program ‘Kachimeshi’ ke masyarakat luas.

"Kami sangat antusias dapat menyelenggarakan program global ini. Hal tersebut juga sejalan dengan visi dan misi Ajinomoto Indonesia untuk terus berkontribusi bagi masyarakat luas," ujar Ichiro.

Kali ini, dengan meneruskan program global yang berkomitmen di bidang olahraga, maka Ajinomoto dapat men-support atlit renang nasional I Gede Siman Sudartawa dengan persiapan terpadu. Mulai dari latihan fisik yang dibina oleh pelatih berpengalaman serta pengaturan pola makan atau asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya saat itu, dengan pengawasan oleh ahli gizi terpercaya.

Dengan support yang diberikan ini, Ichiro Sakakura percaya I Gede Siman Sudartawa telah dalam kondisi prima terutama ketika mengikuti SEA Games ke-30 di Filipina yang belum lama berakhir, dengan prestasi yang sangat membanggakan, dengan menyumbangkan medali emas. (Imd).

BERITA REKOMENDASI