PSBB Risiko Paparan Tinggi, Tiga ‘Empon-Empon’ ini Jaga Tubuh Tetap Aktif di Masa Pandemi Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tingginya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang saat ini menembus angka 500.000 dengan rata-rata 4.000-5.000 kasus baru per hari, mengharuskan masyarakat menjalani protokol kesehatan dengan baik.

Apalagi di tengah masa pelonggaran PSBB saat ini, sesungguhnya risiko terhadap paparan Covid-19 menjadi semakin terbuka. Karena itu masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh secara seimbang dan optimal, karena imunitas tubuh tidak akan bisa tercapai dengan baik bila tubuh tidak sehat.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) menjelaskan Indonesia sangat kaya akan tanaman obat (Empon-Empon) yang unggul, bahkan Pemerintah Indonesia telah mendukung sejumlah riset untuk pengembangan obat tradisional dan jamu Indonesia karena merupakan warisan budaya yang telah terbukti secara empiris memelihara kesehatan tubuh. Namun demikian kita hendaknya bisa mengenali dengan baik kandungan yang telah terbukti membawa manfaat bagi tubuh.

“Tanaman asli Indonesia seperti Kunyit, Temulawak, Jahe merah misalnya, mengandung zat aktif yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sedangkan kulit delima, kulit manggis dan temu kunci telah dikenal luas memiliki khasiat terpercaya untuk meningkatkan kesehatan.”

BERITA REKOMENDASI