Puasa Tetap Lancar Ditengah Cuaca Yang Labil

MENJAGA kesehatan tubuh harus dimulai dari diri sendiri. Jika kemauan untuk terus sehat itu ada, maka disiplin mengatur pola hidup bukan lagi persoalan yang sulit. Begitu juga saat berpuasa, tidak ada alasan untuk tidak tetap sehat.

Namun, cuaca yang tak mendukung, pagi panas terik sore hari hujan lebat, membuat tubuh gampang drop. Jika Anda tidak menjaganya dengan benar, penyakit pun akan mudah mampir. Puasa pun akhirnya terganggu.

Dijelaskan dr Mei Vrayanti dari Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Yang pertama adalah mengonsumsi makanan kaya gizi secara seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Makanan tersebut harus mencakup kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

"Kedua adalah dengan minum air putih yang cukup. Disarankan 8 sampai 12 gelas per hari. Dengan mineral yang cukup, tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Selain meminum air putih, Anda bisa juga menambahkan susu dan jus supaya tubuh semakin sehat," katanya pada Okezone melalui pesan singkat.

Berikutnya adalah olahraga yang cukup. Mei menyatakan, jika dirasa perlu olahraga, pilihlah jenis olahraga yang tidak menghabiskan banyak energi. Durasinya pun tidak perlu lama, 30 menit per hari sudah cukup.

Yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan makanan dan minuman. Itu diperlukan karena makanan dan minuman yang kotor merupakan sumber dari masalah yang timbul.

Terakhir, Mei menyarankan untuk mengonsumsi suplemen tambahan. Suplemen itu dapat menjaga kesehatan tubuh secara maksimal. ’’Stamina selama puasa pun dapat terjaga dengan baik,’’ pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI