Rambak Kulit Bantu Penyembuhan Penyakit Maag

Editor: KRjogja/Gus

RAMBAK atau kerupuk kulit sapi maupun kerbau biasa dipasarkan secara offline maupun online. Ketika ada even bazaar serta pameran kuliner, sering juga ditemukan produk tersebut. Selain mempunyai cita rasa khas, diyakini pula memiliki beberapa khasiat kesehatan, sehingga layak untuk rutin dikonsumsi.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com, manfaat rambak kulit kerbau dan sapi, misalnya dapat dijadikan sebagai musuh gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Artinya juga jika sering mengalami gejala maag, salah satu terapi alami yang dapat diterapkan, yaitu rutin mengkonsumsi kerupuk kulit sapi atau kerbau. Apalagi setiap gejala tersebut muncul. Dengan resep ini atas izin Yang Maha Kuasa, rasa sakit dan perih pada lambung akibat serangan maag dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat-obat kimia.

Tak kalah penting, kandungan protein dalam rambak, antara lain bisa berperan membantu meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh, bagus untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh, baik untuk meningkatkan pembentukan energi tubuh dan massa otot. Bahkan rambak kulit sapi maupun kerbau juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta membantu proses pertumbuhan tulang. Hal ini disebabkan karena kerupuk kulit memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi. Alhasil, asupan ini sangat cocok rutin dikonsumsi bagi remaja yang masih berada di dalam masa pertumbuhan. Hanya saja perlu diingat, agar tak berlebihan dalam mengkonsumsi setiap hari, sebab dikhawatirkan bisa memicu obesitas (berat badan berlebih) maupun meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Jika ingin membuat sendiri rambak kulit sapi, yakni dengan merendam dahulu kulit sapi ke dalam ember yang berisi air kapur sekitar dua hari. Setelah itu bulu-bulu kulit sapi dibersihkan menggunakan pisau tajam dan dipastikan benar-benar bersih. Selanjutnya dijemur dibawah sinar matahari langsung hingga kering, lalu dipotong-potong sesuai selera, umumnya persegi panjang atau kotak-kotak kecil. Setelah itu direbus bersama bumbu yang sudah dihaluskan (misalnya ada bawang putih, gula, penyedap rasa dan garam) hingga matang. Lalu diangkat, ditiriskan dan dijemur hingga benar-benar kering. Dilanjutkan proses penggorengan tahap pertama dalam minyak goreng dengan suhu sedang dan menggunakan api kecil sampai kerupuk kulit sapi agak mekar, lalu diangkat dan ditiriskan.(Yan)

 

 

BERITA REKOMENDASI