Remaja Harus Jaga Kesehatan Reproduksi Sejak Dini 

JAKARTA, KRJOGJA.com – Remaja harus menjaga kesehatan reproduksi sejak dini.

“Sebagai salah satu negara yang turut menandatangani deklarasi ICPD 1994, Indonesia memiliki komitmen yang tinggi terhadap pencapaian program of action ICPD, tujuan pembangunan 2030 dalam Sustainable Development Goals dan juga komitmen untuk mengakhiri kematian maternal yang dapat dicegah, unmet need pelayanan keluarga berecana dan gender based violance_ serta praktik-praktik berbahaya”, demikian  Kepala BKKBN DR. (HC), dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam sambutannya pada acara Webinar Internasional “We’re Here With And For You: Empowering The Girls” yang dilakukan secara virtual Kamis  (18/02/2021).

Indonesia baru saja meriilis hasil sensus penduduk 2020 yang menunjukkan bahwa Penduduk Indonesia mulai didominasi oleh penduduk Milenial dan Post-Milenial (Gen Z dan Post Gen Z) sebanyak 144,31 juta jiwa (53,4%). Sebagai negara keempat terbesar di dunia, Indonesia dihadapkan pada berbagai isu kependudukan termasuk penyiapan generasi emas 2045, yaitu generasi unggul dan berdaya saing.

Untuk itu, Kesehatan reproduksi remaja yang merupakan investasi pembangunan manusia yang dapat menunjang efektivitas dan produktivitas tenaga kerja. Perkawinan anak di Indonesia merupakan isu nasional.

 

BERITA REKOMENDASI