Remaja Terkena Penyakit Diabetes? Ini Sebabnya

DIABETES kini tidak hanya identik pada orang dewasa, karena para remaja juga sudah banyak yang menderitanya. Lalu apa penyebab para remaja bisa terkena penyakit yang dikenal dengan sebutan kencing manis ini?

Berikut penyebab remaja terkena diabetes yang dilansir dari Momjunction, Senin (22/8/2016).

Disfungsi pankreas

Pankreas dalam tubuh remaja mulai rusak dan tidak menghasilkan insulin yang diperlukan untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi. Hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan diabetes.

Keturunan

Diabetes adalah penyakit turunan yang melewati generasi berikutnya dari keluarga. Remaja mungkin menderita diabetes jika saundara kandung atau orangtua mereka juga mengalaminya.

Faktor ras

Orang-orang yang memiliki ras tertentu, seperti Afrika, Amerika, Indian dan Asia-Amerika lebih rentan terhadap diabetes tipe 2.

Umur

Diabetes dapat mempengaruhi individu milik kelompok usia yang berbeda. Namun, dengan usia yang bertambah dan kurang beraktivitas fisik, maka itu dapat meningkatkan risiko diabetes.

Infeksi virus

Infeksi virus dapat menghancurkan atau merusak sel-sel dalam tubuh remaja. Hal ini juga dapat memicu respon autoimun yang buruk, mempengaruhi fungsi pankreas dan menyebabkan insulin. Beberapa infeksi virus yang dapat menyebabkan diabetes tipe 1 meliputi, coxsackievirus B, cytomegalovirus, adenovirus, rubella dan gondok.  (*)

BERITA REKOMENDASI