Rumput Teki Baik Untuk Kesehatan, Ini Buktinya

BANYAK orang yang menginginkan lingkungan sekitar tempat tinggalnya asri dan bersih. Maka tak heran bila mereka akan melakukan perawatan termasuk memangkas rumput liar yang tumbuh. Akan tetapi, salah satu jenis rumput liar yaitu rumput teki ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan.

Melansir dari berbagai sumber, Selasa (2/1/2018), berikut sejumlah manfaat rumput yang memiliki nama latin Cyperus rotundus itu;
Banyak ramuan obat tradisional Asia yang menggunakan rhizome rumput teki untuk pengobatan diare, disentri, parasit intestinal, gangguan pencernaan, gangguan usus dan masalah pencernaan lainnya. Rumput tersebut mengandung senyawa aktif dan enzim yang membantu perangsangan berbagai reaksi biokimia yang berpengaruh pada sistem pencernaan. Maka tak heran rumput ini dapat membantu melancarkan buang air besar dan menghambat terjadinya diare.

Mengatasi kejang

Kejang dapat terjadi pada siapa saja terutama mereka yang memiliki penyakit epilepsi. Beruntung rumput teki mengandung ekstrak etanol yang menawarkan perlindungan terhadap kejang sehingga mencegah terjadinya kejang. Penelitian membuktikan flavonoid yang ditemukan dalam ekstrak etanol berpengaruh terhadap pengobatan epilepsi. Selain itu, ekstrak etanol menghasilkan relaksasi ileum dan efek spasmolitik terhadap kontraksi yang disebabkan oleh bahan kimia. Tak hanya kejang epilepsi, ekstrak tersebut dapat mengatasi asma, malaria, ketidaksuburan pada wanita, masalah kandung kemih dan hati, serta hemoptisis dan ikterus.

Memiliki sifat anti-inflamasi

Sebuah penelitian mengatakan ekstrak yang terkandung dalam rumput teki memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif melawan karaginan dan formaldehid. Selain itu, kandungan triterpenoid menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang sangat tinggi dan kuat. Hal itu membuat rumput teki bisa dijadikan obat untuk penyakit inflamasi. Beberapa penyakit yang bisa diatasi antara lain pertumbuhan sel kanker, diabetes, gangguan hati dan ginjal, serta kencing batu.

Melancarkan sistem peredaran darah

Rumput teki mengandung ekstrak alkohol yang berdampak pada penurunan tekanan darah secara lambat dan terus menerus. Maka tak heran bila pengobatan tradisional menggunakan rumput ini untuk mengatasi tekanan darah tinggi sehingga menurunkan risiko hipertensi. Selain itu, kandungan alkohol juga bisa menurunkan kolesterol total, kadar LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida. Tak hanya itu, ekstrak rumput teki juga bisa menurunkan kadar gula darah dan mempercepat proses pembekuan darah sehingga membantu menyembuhkan luka baru. Semuanya itu tentu berpengaruh terhadap aliran darah di dalam tubuh. (*)

BERITA REKOMENDASI