Rutin Berpuasa Bikin Sehat Otak

MESKI tidak waktunya bulan Ramadan, umat muslim tetap diperbolehkan menjalankan puasa sunnah. Ingatlah, manfaatnya tidak hanya membantu menurunkan berat badan Anda, tetapi juga ada manfaat lainnya sebagai berikut.

Meningkatkan fungsi otak

Puasa adalah obat kuat yang terbaik untuk meningkatkan fungsi otak dengan merangsang sel-sel. Puasa juga akan meningkatkan produksi protein bernama neurotrophic factor dalam otak, yang memicu banyak bahan kimia untuk meningkatkan kesehatan sel-sel otak.

Mengatur pola makan

Setidaknya, setiap hari Anda harus berpuasa selama 12 jam. Ingat, jangan malas melakukan sunnah Rasullah ini dalam kehidupan sehari-hari Anda, karena akan membantu menjaga keseimbangan hormonal yang akan mengatur pola makan Anda.

Meningkatkan insulin

Tubuh seseorang yang kekurangan insulin dapat mengakibatkan penyakit. Saat kita berpuasa, tubuh dengan sendirinya akan mengatur metabolisme karbohidrat sel. Sel ini akan menjadi lebih sensitif terhadap insulin selama puasa, sehingga meningkatkan penyerapan glukosa.

Awet muda

Berpuasa juga membantu membuang racun dari tubuh. Hal ini akan membantu membuat kulit sehat, tubuh bugar dan awet muda. Tak hanya itu, puasa juga menghindarkan kulit Anda dari jerawat, pigmentasi kulit dan rambut rontok. Demikian dilansir Boldsky, Selasa (26/7/2016). (*)   

 

 

 

BERITA REKOMENDASI