Sakit Perut Sembuh Dengan Asam Jawa

Editor: KRjogja/Gus

KEBERADAAN pohon asam Jawa layak dilestarikan, alasannya antara lain memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Bagian buahnya yang sudah tua antara lain banyak dimanfaatkan di bidang kuliner serta minuman kesehatan.

Minuman berbahan asam Jawa, misalnya kunir asam dan wedang asam antara lain bisa membantu mendukung kesegaran badan dan melarutkan lemak jahat di tubuh. Wajar biasa dimanfaatkan sebagai bahan alami membantu program diet atau pengurangan berat badan berlebih. Diyakini pula bisa sebagai anti bakteri, anti alergi, anti peradangan, mengatasi masalah haid dan menambah stamina.

Selain itu asam Jawa juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan produk herbal, misalnya berwujud cair, serbuk sampai kapsul. Ada juga kreasi membuat permen menggunakan asam Jawa dan rimpang jahe. Meski sudah berwujud beberapa jenis olahan, ketika rutin dikonsumsi tetap akan memberikan khasiat atau manfaat kesehatan, antara lain bisa berperan mencegah serta mengatasi sariawan maupun radang tenggorokan.
Lain halnya jika digunakan untuk melawan sakit perut, yaitu dapat menggunakan tiga polong buah asam Jawa dan satu potong gula aren. Resep membuat ramuannya, kedua bahan diseduh dengan satu gelas air panas, disaring dan diminum saat masih hangat. Bisa juga untuk obat luar seperti sakit perut. Caranya, tiga polong asam Jawa sudah masak dicampur kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Hasilnya digunakan sebagai obat gosok.

Jika digunakan untuk membantu menggempur batuk kering, yakni membutuhkan tiga polong buah asam Jawa dan setengah genggam daun saga. Cara membuat ramuannya, kedua bahan tersebut direbus dengan empat gelas air sampai mendidih. Setelah airnya tinggal satu gelas lalu disaring. Cara menggunakannya, cukup diminum dua kali sehari, pagi dan sore.

BERITA REKOMENDASI