Sansiviera Bikin Kadar Gula Darah Stabil

Editor: KRjogja/Gus

PEMANFAATAN  bahan alami sudah banyak dilakukan berbagai pihak dan bisa cocok membantu mencegah maupun melawan gangguan kesehatan. Dengan kata lain, bisa menemukan khasiat atau manfaat kesehatan dari bahan-bahan alami tersebut.

Seperti dilansir dari Harianmerapi.com, Kru jual-beli tanaman asal Sleman, Randi Imam W mengungkapkan, tanaman sansiviera ada beberapa jenis atau varietas. Secara umum tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias sekaligus mempunyai khasiat kesehatan, sehingga layak juga dijadikan sebagai tanaman obat.

“Sebagian warga menyebut tanaman sansiviera dengan dengan nama lain, termasuk di antaranya tanaman lidah mertua. Bagian yang biasa dijadikan obat alami, yaitu bagian akar serta daunnya,” jelasnya.

Tanaman berkhasiat ini antara lain bisa  mendukung produksi oksigen dan menyerap polusi udara, misalnya yang timbulkan dari asap rokok dan kendaraan bermotor. Lalu bagian akar sansivera diyakini bisa membantu melawan asam urat dan menurunkan ataupun menormalkan  kadar gula darah.

Resep alami memanfaatkan akar lidah mertua untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut, antara lain bagian akar secukupnya cukup dipotong-potong lalu dicuci bersih, direbus sampai mendidih menggunakan dua gelas air. Setelah mendidih, dibiarkan sejenak, disaring dan diminum dalam keadaan masih hangat, baik siang maupun sore hari setelah makan. Bahan ini dapat direbus sampai tiga hari, setiap akan merebus/meminum ditambah dua gelas air.  Ketika malam merasa lelah setelah siangnya banyak kerja maupun tanda-tanda asam urat muncul, namun kalau sudah minum ramuan alami dari sansiviera ini pagi harinya bisa segar lagi.

Beberapa sumber menyebutkan, tanaman sansiviera berasal dari Benua Afrika tropis, namun sekarang khususnya di Indonesia banyak ditemukan di dataran tanah  1 –1000 meter diatas permukaan laut. Ciri tanamannya, antara lain bagian daunnya dapat juga sering digunakan sebagai variasi pada karangan bunga. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI