Sayur Pakis Meningkatkan Kekebalan Tubuh

TANAMAN ini biasanya tumbuh sebagai pagar halaman, atau sebagai tanaman hias. Meski demikian ternyata daun pakis ketika dimasak menjadi sayur banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, dan kebugaran tubuh. Seiring kemajuan tehnologi tentang obat-obatan herbal, kini tanaman pakis banyak dibudidayakan sebagai tanaman obat keluarga (toga). Bisa dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT), kelompok tani (Kelomtan), dasawisma, ibu-ibu PKK atau pun petani sebagai usaha mandiri.

Dalam Serat Jampi Jawi tinggalam leluhur yang memuat hampir 261 resep jamu tradisional jamu Jawa, salah satunya disebut manfaat sayur pakis untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Mungkin belum banyak familier dengan sayur pakis, atau tepatnya daun pakis. Padahal bilmana pengolahannya benar, sayur daun pakis banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Mendapatkannya pun mudah, ada di sekitar kita dan harganya relatif murah.

“Salah sijine manfaat sayur pakis yaiku ningkatake kesehatan jantung, uga nyegah kanker sarta ngundhakake kasarasan,”. Salah satu manfaat sayur pakis adalah meningkatkan kesehatan jantung, juga mencegah kanker serta meningkatkan kekebalan tubuh. Itulah cuplikan, manfaat mengonsumsi sayur pakis seperti sayuran hijau lainnya.

Daun pakis yang banyak kandungan kalium dan niasin, dimana kedua nutrisi ini sangat besar kontribusinya terhadap kesehatan jantung. Kalium membantu menstabilkan tekanan darah, karena tekanan darah tinggi bisa menyebabkan stroke dengan merusak pembuluh darah otak.

BERITA REKOMENDASI