Sayur Sawi Baik Untuk Kesehatan Jantung

Editor: KRjogja/Gus

NAMA sawi sudah tak asing lagi di masyarakat, sebab termasuk jenis sayur populer yang banyak dimanfaatkan segenap lapisan masyarakat. Cara pemanfaatannya, antara lain dicampurkan pada aneka jenis masakan. Bahkan bisa diolah tersendiri, sehingga mempunyai cita rasa serta tekstur khas. Selain memiliki cita rasa enak yang khas, olahan sayur sawi juga diyakini memiliki beberapa manfaat atau khasiat kesehatan.

Seperti dikutip dari harianmerapi.com, Tak kalah pentinng, lokasi penjualan sawi pun cukup mudah ditemukan, misalnya di warung, pasar bahkan toko swalayan modern ada yang menjual. Khususnya di swalayan modern, sebagian diberi label organik, pasalnya dibudidayakan menerapkan pertanian model organik antara lain tanpa menggunakan pupuk maupun obat-obatan kimia. Adapun manfaat atau khasiat sayuran ini bagi kesehatan, antara lain mempunyai banyak kandungan vitamin C. Selain itu termasuk sayuran anti oksidan alami, sehingga berfungsi sebagai perlindungan terhadap radikal bebas maupun infeksi virus seperti flu juga mendukung kekebalan tubuh.

Bahkan, kandungan vitamin C dalam sawi kadarnya hampir sama seperti jeruk. Alhasil, sangat bagus untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Sedangkan kandungan vitamin A dalam sayur sawi ikut membantu menjaga kesehatan kulit dan penglihatan (mata). Adapun kandungan seratnya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, membantu mengatasi wasir, sembelit dan penyakit kanker usus besar. Sawi juga mengandung vitamin K yang tinggi. Vitamin ini memiliki peran potensial dalam fungsi pertumbuhan tulang dengan mempromosikan aktivitas osteo-trofik.

Hanya saja untuk penderita masalah ginjal atau kandungan empedu sebaiknya menghindari konsumsi sayuran sawi. Terutama jenis sawi hijau, pasalnya oksalat hadir dalam sayuran ini terkonsentrasi dan dapat mengkristal serta menciptakan masalah kesehatan. Selain itu, sebelum dikonsumsi sangat penting untuk mencuci daun sawi di dalam semangkuk air dingin secara berulang sampai tak ada pasir ataupun kotoran di dalam air.

Tak kalah penting, sayur sawi dipercaya juga bermanfaat terutama bagi wanita yang sedang mengalami menopause. Dengan rutin mengkonsumsi sawi, diharapkan mereka memiliki kemampuan melindungi tubuh dari kanker payudara dan terhindar dari serangan penyakit/sakit jantung. Bahkan kandungan tinggi nutrisi pada sawi, misalnya kalsium, asam folat, dan magnesium juga banyak diyakini bisa mendukung kesehatan tulang. Sawi juga dikenal sebagai sayuran rendah kalori. Ada beragam sawi yang dikenal masyarakat seperti hijau dan putih. Semua jenis sawi mengandung nilai gizi yang baik bagi kesehatan. Wajar jika banyak yang meyakini, mengkonsumsi sawi sama halnya sedang mencegah dan melawan aneka keluhan kesehatan. Mengingat ada banyak manfaat kesehatan dari sawi, sudah selayaknya bisa rutin mengonsumsi aneka olahan atau masakan berbahan sawi. (Yan)

 

 

BERITA REKOMENDASI