Sayuran dan Buah Warna Ungu Efektif Tangkal Radikal Bebas

SAYURAN dan buah berwarna banyak mengandung nutrisi sehat. Termasuk sayuran dan buah-buahan berwarna ungu yang wajib dikonsumsi.

Warna ungu pada sayuran dan buah tersebut mengandung antioksidan yang tinggi. Senyawa ini berperan besar dalam melindungi tubuh kita dari radikal bebas.

Sayuran dan buah berwarna ungu merupakan tren makanan baru, yang sangat cocok untuk daftar makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Karena manfaatnya dapat menjaga kesehatan jantung, membunuh sel-sel kanker, hingga beberapa manfaat lain terkait penangkalan radikal bebas.

Okezone pun bakal mengulas beberapa manfaat konsumsi sayuran dan buah berwarna ungu untuk kesehatan tubuh. Simak artikelnya berikut ini, dilansir Boldsky, Kamis (9/1/2020).

1. Melawan maag

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan, anthocyanin yang ada dalam blackberry dapat menurunkan pembentukan tukak lambung. Para peneliti percaya bahwa anthocyanin mencegah oksidasi dan meningkatkan aktivitas antioksidan penting lainnya, seperti glutathione yang secara alami ada dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Buah-buahan berwarna ungu tertentu, seperti blackcurrant dan blueberry, memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Peningkatan kadar kolesterol LDL mengarah pada pembentukan lapisan di dinding arteri. Hal itu dapat menghalangi aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh. Sehingga membuat Anda menghadapi risiko serangan jantung dan stroke yang parah.

3. Menghambat sel kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa resveratrol yang terdapat pada makanan berwarna ungu, dapat mematikkan sel kanker pada kanker darah, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker hati dan kanker paru-paru. Bahkan ubi jalar ungu memiliki kemampuan ampuh untuk melindungi terhadap kanker usus besar.

4. Meningkatkan daya ingat

Ubi jalar ungu diketahui memiliki efek meningkatkan daya ingat. Karena anthocyanin yang ada di dalamnya dapat membantu mencegah penurunan, terkait sistem saraf terkait usia, sambil mempromosikan pembelajaran dan memori.

5. Mencegah infeksi saluran kemih

Sayuran seperti kembang kol ungu, wortel ungu dan kol ungu dapat melawan infeksi saluran kemih. Anthocyanin di dalamnya dapat mencegah maag dan peradangan, yang disebabkan oleh H pylori, bakteri yang menyebabkan maag dan infeksi saluran kemih.

6. Menurunkan tekanan darah

Blueberry, cranberry dan blackcurrant mengandung resveratrol, flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Resveratrol membantu merelaksasi dinding arteri, yang memungkinkan sirkulasi darah lebih baik di arteri.

Tak hanya sayuran dan buah-buahan yang disebutkan di atas, ada juga biji-bijian warna ungu yang bisa dikonsumsi setiap hari. Misalnya jagung ungu, beras ungu atau gandum ungu.

Agar nutrisinya tidak banyak hilang, Anda bisa mengonsumsinya mentah, dikukus atau dengan cara dipanggang. Dengan metode tersebut, Anda akan mendapatkan jumlah anthocyanin yang besar.

 

 

BERITA REKOMENDASI