Seberapa Banyak Batasan Konsumsi Garam dalam Sehari?

SETIAP orang disarankan untuk mengurangi asupan garam dalam sehari. Jika Anda berlebihan mengonsumsinya, dampaknya bisa memicu penyakit kronis, seperti hipertensi.

Dalam sehari, orang disarankan untuk mengurangi asupan garam sekira setengah sendok teh dari biasanya. Kalau tidak, Anda rentan mengalami serangan jantung atau stroke. Karena itu, para ilmuwan telah memperingatkan.

Sayangnya, setiap orang sangat sulit mengontrol asupan makanan yang ditambahkan garam. Setiap kali masak, pasti ditambahkan bumbu garam sebagai pelezat alami.

Padahal mengonsumsi garam kurang dari tiga gram sehari, dapat menyebabkan masalah kesehatan serius di masa mendatang. Tampaknya ha itu tidak terbatas pada masalah tekanan darah tinggi saja.

Ada sebuah analisis global yang melibatkan lebih dari 130.000 orang. Mereka ditengarai pernah menderita serangan jantung dan stroke. Lalu, asupan garam yang ada di dalam tubuhnya dicek setiap hari.

Ahli Epidemiologi di McMaster University Hamilton Ontario Profesor Andrew Mente mengatakan, meskipun data kami menyoroti pentingnya mengurangi asupan garam yang tinggi pada orang dengan hipertensi, namun hal itu tidak membantu mengurangi asupan garam ke tingkat rendah.

"Temuan kami penting menunjukkan bahwa menurunkan sodium atau garam paling tepat dilakukan siapa saja," ujar Profesor Andrew, dilansir Telegraph, Selasa (27/2/2018).

Perusahaan makanan di seluruh dunia juga disarankan untuk membatasi produk makanan tinggi garam atau natrium. Karena berdasarkan stuidi, makanan tesebut jika dikonsumsi berlebihan mudah memicu penyakit kardiovaskular.

Asupan rata-rata saat ini di Inggris sekira 8 gram per orang dewasa per hari. Padahal, batasan makan garam yang disarankan yakni 6 gram.

Studi terbaru, berdasarkan data dari 49 negara melihat adakah hubungan antara asupan garam dan kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Kemudian, meneliti pula orang-orang dengan tekanan darah tinggi.

Penelitian baru itu menunjukkan, orang yang konsisten konsumsi makanan asin lebih dari 3 gram sehari, risiko hipertensi menghantui. Hal tersebut membuat 10% orang yang suka makanan asin rentan menderita masalah itu.

Tak hanya memengaruhi penyakit kardiovaskular, orang yang berlebihan makan garam juga mengalami kelainan hormon. Maka itu, peneliti membatasi asupan garam harian yang dibutuhkan seseorang.

Untuk orang dewasa makan garam tidak boleh lebih dari 6 gram. Sementara gulanya juga tidak lebih dari 30 gram untuk orang dewasa. Sementara asupan lemak yang boleh dikonsumsi yakni tidak boleh lebih dari kira-kira 30 gram. (*)

BERITA REKOMENDASI