Selain Cegah Kanker, Ini Manfaat Lain Bawang Putih

KEBERADAAN Bawang putih memang cukup multifungsi, selain dapat diandalkan menjadi bumbu pelezat makanan yang disukai banyak orang, bawang putih juga punya manfaat lain.

Bawang putih, mengandung banyak nutrisi, terutama mineral, vitamin dan agen pencegahan banyak jenis penyakit. Banyak sekali studi dilakukan oleh para peneliti yang menunjukkan bahwa bawang putih berguna untuk mencegah penyakit kronis di kemudian hari.

Lantas, penyakit-penyakit apa saja sih yang dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang putih? Simak ulasannya berikut, seperti dilansir dari Draxe, Senin (30/4/2018).

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung jadi pembunuh nomor satu di dunia, dan salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Rempah ini bersifat agen pencegahan dan pengobatan banyak penyakit kardiovaskular dan mempertahankan metabolisme. Jika kamu setiap hari mengonsumsi bawang putih, risiko untuk terkena penyakit jantung akan semakin kecil.

Pencegah Kanker

Bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif, yang diyakini memiliki efek mencegah pembentukan kanker. Dengan memakan bawang putih mentah, kamu bisa melawan pembentukan kanker lambung, usus besar, esofagus, pankreas, dan bahkan kanker payudara.

The National Cancer Institute menjelaskan, bawang putih punya efek perlindungan yang bersifat anti-bakteri, untuk memblokir pembentukan zat penyebab kanker. Selain itu, fungsinya dapat menghentikan aktivasi zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA, mengurangi proliferasi sel, serta menginduksi kematian sel kanker tersebut.

Mengendalikan Hipertensi

Fenomena menarik dari bawang putih yakni terbukti membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Sebuah studi menunjukkan, efek ekstrak bawang putih mentah dapat mengontrol tekanan darah tinggi.

Bagi kamu yang punya penyakit darah tinggi, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi bawang putih selama tiga bulan. Selain mengobati, bawang putih juga bisa menjadi pencegah hipertensi jika dikonsumsi sejak dini. 

Mencegah Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah sebuah penyakit yang merampas kemampuan daya ingat seseorang. Biasanya lansia yang mengalami penyakit ini dan tidak memiliki gejala khasnya. Nah, kalau kamu ingin mencegahnya, sejak muda coba rutin makan bawang putih.

Bawang putih terbukti mengandung antioksidan yang dapat mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Tentu, kontribusinya dapat mencegah gangguan kognitif, seperti lupa, tidak mudah mengingat kejadian penting, hingga risiko pikun di usia muda.

Mengontrol Diabetes

Bawang putih telah menunjukkan kemampuannya untuk membantu penderita diabetes yang mengalami komplikasi. Sebab, bawang putih mengandung senyawa untuk mengontrol gula darah, yang memicu lonjakan insulin dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa mengonsumsi bawang putih setidaknya dua kali sehari. Lakukan dengan rutin, dan rasakan khasiatnya dibandingkan ketika kamu jarang makan bawang putih. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI