Selain Lawan Corona COVID-19, Sinar Matahari Juga Cegah Kanker Payudara

BELAKANGAN, banyak orang bahkan selebriti tanah air mulai senang berjemur. Bukan tanpa alasan, pasalnya paparan sinar matahari mengandung vitamin D yang dibutuhkan untuk melawan virus corona COVID-19.

Apa alasannya? Ternyata, dengan vitamin D kita bisa memperkuat imunitas tubuh kita loh. Memang, sampai saat ini belum ada obat untuk mengobati virus corona COVID-19, karena itu dengan meningkatkan imunitas, kita bisa menambah kesempatan untuk sembuh dari corona COVID-19.

Nah, selain untuk melawan virus corona COVID-19, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Menopause, The Journal of the North American Menopause Society (NAMS), yang melibatkan lebih dari 600 perempuan Brasil dan menyarankan mereka bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko kanker payudara.

ScienceDaily menyebutkan bahwa perempuan pascamenopause itu berisiko mengalami kekurang vitamin D saat mereka didiagnosis menderita kanker payudara dibandingkan dengan perempuan dalam kelompok usia yang sama tanpa kanker, dilansir PopSugar.

“Walaupun literatur yang diterbitkan tidak konsisten mengenai manfaat dari tingkat vitamin D dan kanker payudara,” ungkap Direktur Eksekutif NAMS, JoAnn Pinkerton, MD, NCMP.

“Tapi penelitian ini dan lainnya menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat vitamin D di dalam tubuh berkaitan dengan menurunnya risiko kanker payudara,” tambah dia.

Pinkerton menyebutkan, Vitamin D dapat berperan mengendalikan sel-sel kanker payudara dan menghentikan pertumbuhannya. Vitamin D berasal dari paparan sinar matahari langsung, suplemen vitamin D2, dan makanan yang kaya vitamin D.

Asupan vitamin D adalah 600 IU per hari. Kendati demikian, tetaplah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memerlukan asupan suplemen vitamin D dalam jumlah yang lebih banyak.

Nah, tidak ada salahnya kan Anda berjemur di bawah sinar matahari. Tapi jangan terlalu lama berjemur ya, sebab sinar matahari juga bisa merusak kulit Anda.

BERITA REKOMENDASI