Selalu Ingatkan Anak untuk Gosok Gigi Sebelum Tidur

BERDASARKAN data Federasi Profesi Dokter Gigi, ada 73,9 persen anak berusia 6-12 tahun memiliki karies gigi karena tidak dirawat. Padahal, target dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah 50 persen anak usia 5-6 tahun harus bebas dari karies gigi.

Penyebab utama karies gigi antara lain karena kebiasaan anak menyikat gigi yang salah dan kebiasaan tidak mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Biasanya, anak menggosok gigi pada waktu mandi. Padahal semestinya, sikat gigi dilakukan setelah makan dan terutama sebelum tidur.

Terbukti juga masih banyak anak yang tidak mengunjungi dokter gigi selama 12 bulan terakhir untuk memperoleh perawatan. Mereka biasanya mengunjungi dokter gigi saat mempunyai masalah pada gigi, gusi atau mulut.

Menurut penelitian dalam Britsh Dental Journal edisi Agustus 2003, waktu terpenting untuk menggosok gigi adalah malam menjelang tidur. Sehingga anak harus diajarkan menggosok gigi menjelang tidur malam.

Untuk menekan kerusakan gigi pada anak, sebaiknya menggunakan pasta gigi yang mengandung xylitol, bahan pemanis yang tidak menyebabkan gigi berlubang atau karies. Kandungan ini bermanfaat untuk menguatkan gigi agar tidak timbul karies, pasta gigi ini juga mengandung enzim aktif seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase.

Ketiga enzim tersebut  bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut anak.(*)

BERITA REKOMENDASI