Sempatkan Rileks di Sela Kerjaan, Ini Manfaatnya

PADATNYA kesibukan dalam keseharian acap kali membuat individu lupa untuk beristirahat sekadar untuk melepas lelah sebelum melanjutkan aktivitas. Bukan hanya melepas penat, terkadang saking sibuknya, urusan makan pun harus ditunda. Tanggung menuntaskan pekerjaan menjadi alasan yang sering dikemukakan. Hal ini dibenarkan oleh Tara Adhisti de Thouars BA MPsi, seorang psikolog muda.

Dalam pandangannya, saat tenggelam dalam tugas dan masalah sehari-hari, seseorang sering lupa untuk menarik diri dalam aktivitas tersebut untuk mengambil napas. “Meskipun hal itu mungkin tidak segera memecahkan masalah, beristirahat sejenak saat kita merasa terbebani benar-benar akan membantu untuk rileks sehingga kita dapat kembali menghadapi masalah,” paparnya dalam acara konferensi pers Pentingnya Melepas Penat Sejenak di Sela Kesibukan Sehari-hari yang diadakan VIT.

Tara melanjutkan, yang dimaksud beristirahat di sini tidak perlu melakukan sesuatu yang besar atau menyita waktu. Bahkan, sesederhana menenggak beberapa teguk air minum cukup untuk membantu menenangkan diri ketika merasa terbebani sehingga pikiran dan emosi dapat berfungsi lebih baik untuk melanjutkan tugas seharihari. “Itulah jeda yang membebaskan,” imbuh Tara.

Tak dipungkiri, usia produktif merupakan masa ketika kesibukan meningkat dengan berbagai target yang ingin dicapai. Tak heran kelompok usia produktif atau dewasa muda rentan mengalami stres. (*)

BERITA REKOMENDASI