Sensasi Lidah Terbakar, Obati Dengan Cara Ini

PERNAH merasakan sensasi terbakar ketika menyantap makanan atau menyeruput minuman panas? Rasanya ingin sekali mengenyahkan rasa tidak nyaman di lidah Anda.

Untuk menghindari sensasi terbakar terus-menerus, Anda bisa melakukan pertolongan pertama rekomendasi Boldsky, Senin (27/6/2016).

Es batu

Anda bisa meletakkan es batu di lidah atau bibir yang terkena sensasi terbakar. Menyeruput minuman dingin juga dapat membantu meredakan rasa sakit pada lidah. Lakukan ini hingga sensasi terbakar mulai berkurang.

Madu

Madu mengandung zat antibakteri dan antiradang yang mampu meredamkan rasa sakit akibat sensasi lidah terbakar. Selain itu, madu mampu mencegah infeksi yang terjadi lebih lanjut.

Minyak lavender

Siapa yang menduga tenyata minyak lavender bisa mengurangi rasa sakit pada lidah setelah Anda menyantap makanan panas. Anda bisa memberikan beberapa tetes minyak lavender sebelum tidur dan membilasnya dengan air dingin pada pagi hari. Minyak lavender mampu mencegah terjadinya peradangan lidah.

Lidah buaya

Jel lidah buaya dipercaya dapat menenangkan rasa sakit dan memiliki efek pendinginan pada lidah, Aplikasikan jel lidah buaya di lidah Anda dan biarkan selama 25 menit, lalu bilas dengan air dingin. Jika sensasi terbakar tak kunjung sembuh setelah mencoba cara-cara ini, jalan terbaik adalah segera berkonsultasi ke dokter. (*)

 

BERITA REKOMENDASI