Serangan Diabetes ‘Melempem’ Ketemu Janggel

ANEKA bahan berkhasiat sudah banyak dimanfaatkan masyarakat, antara lain dalam wujud makanan maupun minuman. Cara pemanfaatannya pun biasa dikombinasi dengan bahan-bahan alami lain, sehingga memiliki cita rasa enak. Ketika rutin dikonsumsi bahkan mampu mendukung kesehatan secara alami, baik sebagai usaha pencegahan maupun melawan berbagai gangguan kesehatan.

Menurut kru kuliner Kopi Dop di kawasan Plaosan Mlati Sleman, Mardiyono, masakan dengan menggunakan sejumlah sayur banyak diyakini memiliki manfaat kesehatan. Jenis masakan yang menggunakan sayur antara lain ada kwetiau, sego pecel wader serta soto. Jenis masakan lainnya pun menggunakan sayur, namun jumlah sayur lebih sedikit bahkan bisa sebagai lalapan.

“Khususnya kwetiau ada jenis sayur cukup khas, yaitu janggel atau jagung muda. Bahan alami ini juga memiliki kandungan gizi dan enak dikonsumsi,” terangnya.

Keunggulan janggel, misalnya memiliki karbohidrat rendah dan kandungan seratnya cukup tinggi. Dengan sifat seperti ini akan memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti membantu menghindarkan serangan diabetes, khususnya diabetes tipe dua. Selain itu janggel mempunyai kandungan rendah lemak jenuhnya, namun tinggi kandungan proteinnya. Kandungan protein ini memiliki fungsi antara lain untuk memperbaharui sel-sel di dalam tubuh yang sudah mengalami kerusakan serta sebagai sumber energi tubuh.

Bahkan janggel juga sebagai sumber vitamin A, C dan zat besi. Manfaatnya bagi kesehatan, misalnya membantu menjaga ataupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adanya zat besi bisa juga ikut memperlancar sirkulasi oksigen di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan oksigen dapat berakibat buruk, misalnya mengakibatkan kerusakan pada otak. (Yan)

BERITA REKOMENDASI