Setelah Tahu Manfaatnya, Jangan Takut Divaksin Covid-19

PEMERINTAH sudah memulai program vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 13 Januari 2021. Program vaksinasi ini menyasar para tenaga kesehatan (tenkes) dan pekerja publik yang dianggap sebagai kelompok rentan terpapar Covid-19 selama bertugas.

Meski demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang ragu untuk divaksin Covid-19. Menanggapi hal ini Vaksinolog & Founder @imuni_id, dr. Dirga Sakti Rambe, M.SC, SP.PD menjelaskan tentang manfaat penting vaksinasi saat pandemi.

“Sederhananya orang yang tidak divaksin harus sakit dulu baru kebal (dari penyakit). Bayangkan kalau orang harus sakit Covid-19 dulu baru bisa kebal. Makanya harus divaksin,” ucap dr. Dirga, dalam diskusi daring ‘Kapan Saya Divaksin?’ di channel YouTube Kemkominfo TV, Senin (25/1/2021).

Lebih lanjut dr. Dirga mencoba menjelaskan mengenai hubungan vaksin dengan tingkat efikasi sebesar 65,3 persen seperti yang diterbitkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ia menjelaskan vaksinasi bukan jaminan bagi seseorang untuk terhindari dari Covid-19.

“Dari hasil efikasi vaksin sinovac sebesar 65,3 persen. Artinya orang yang divaksin 3x lebih rendah terkena Covid-19 yang bergejala. Memang tidak semua orang menjadi kebal terhadap virus. Tapi dengan angka sebesar itu bisa menekan penyebaran virus,” tuntasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI