Setiap Rumah Wajib Miliki Sirih, Untuk Apa?

SESEORANG yang sering mengalami mimisan, daun sirih dikenal sebagai salah satu tanaman yang berfungsi untuk menghentikan kucuran darah. Dengan digulung-gulung lalu dimasukkan ke hidung maka darah itu akan berhenti dengan sendirinya. Ternyata, manfaat daun sirih pun lebih dari itu. 

Menurut dosen Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Ines Septi Arsiningtyas PhD Apt, daun sirih memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Bahkan, saking banyaknya faedah daun siri itu membuat Ines ‘mewajibkan’ setiap rumah memilikinya.

“Sirih ini serbaguna sekali, sirih memiliki daya antiseptic yang sangat tinggi,” tuturnya kepada KRJOGJA.com beberapa waktu lalu.

Baik daun sirih hijau ataupun merah manfaatnya sama-sama besar. Cara mengonsumsinya pun mudah, daun sirih cukup dicuci bersih dan direbus. Air hasil godokan itu lah yang dapat diminum menjadi obat herbal.

“Kalau radang tenggorokan bisa minum rebusan sirih, bisa kumur-kumur di tenggorokkan juga untuk menghilangkan radang amandel,” ujarnya.

Kala perempuan sedang mengalami haid, proses pembersihan pun akan semakin bersih jika menggunakan air sirih.

Tidak hanya itu, mata belekan juga akan segera sembuh apabila direndam dengan air rebusan daun sirih. Meski akan terasa perih di awal, namun kesegaran mata akan langsung didapat setelahnya.

“Kasih air rebusan sirih itu ke gelas kecil terus mata direndamkan ke situ, diamkan sejenak. Perih sebentar tapi setelah itu segar,” tuturnya sembari memberikan peragaan.

Ines menambahkan, kalau seseorang mengalami gigi berlubang maka dapat mengunyah daun sirih atau cukup dengan kumur-kumur dengan airnya. Daya antiseptic sirih itu akan membunuh kuman-kuman sehingga meredakan rasa nyeri.

“Kalau sariawan, haluskan daun sirih lalu di kasih ke daerah sariawannya tetapi jangan ditelan,” tambahnya.

Menurut Ines, dibalik sejuta kebermanfaatanya itu sebenarnya daun sirih sangat  mudah ditemui. Terlebih daun sirih dijual dipasaran dengan harga yang cukup miring. Selain itu, pembudidayaan daun sirih juga dinilai tidak terlalu sulit. Oleh karena itu lah Ines menyarankan untuk setiap rumah wajib ada tanaman sirih. (KRA-01)

BERITA REKOMENDASI