Simak, Efek Samping Ini Mungkin Timbul Pasca Vaksinasi Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

Pemerintah resmi melakukan vaksinasi Covid-19 pada Rabu 13 Januari 2021. Tujuannya adalah untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat Indonesia kebal terhadap Covid-19.

Pada tahap awal, vaksinasi menyasar para tenaga kesehatan (nakes). Pada hari ini, vaksin Covid-19 mulai diberikan kepada para lanjut usia (lansia) secara perdana di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Meski demikian para calon penerima vaksin diimbau tidak panik usai divaksin Covid-19. Terutama jika terdapat efek samping pada tubuh yang ditimbulkan oleh vaksin CoronaVac. Reaksi tersebut adalah wajar dan umum terjadi pasca vaksinasi.

Merangkum dari fact sheet yang dirilis oleh Pusat Informasi Obat Nasional (PIONAS), Senin (8/2/2021), berikut efek samping yang mungkin terjadi usai diberi vaksin CoronaVac.

“Efek samping yang mungkin terjadi dapat berupa reaksi lokal dan reaksi sistemik. Berdasarkan hasil uji klinik vaksin CoronaVac pada lebih dari 10.000 subjek manusia yang dilakukan di Indonesia, China, Brazil dan Turki, efek samping vaksin CoronaVac sifatnya ringan hingga sedang,” tulis pernyataan tersebut.

Lebih lanjut, tidak ada efek samping serius yang dilaporkan terkait dengan pemberian vaksin CoronaVac. Reaksi Lokal yang dilaporkan selama studi klinik pada manusia adalah nyeri di tempat injeksi, pembengkakan, eritema, gatal, indurasi, kemerahan, menurunnya sensasi, dan warna kulit yang lebih pudar (discolouration).

“Reaksi sistemik yang umum dilaporkan berdasarkan hasil uji klinik adalah nyeri otot, demam, rasa Lelah (fatigue), mual, muntah, dan sakit kepala,” sebut pernyataan tersebut.

BERITA REKOMENDASI