Siti Atikoh Ganjar Pranowo: Masyarakat Jangan Salah Artikan Kenormalan Baru

Hj Atikoh Supriyanti Ganjar Pranowo dalam paparan “Tips dan Trik Jaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19” menyampaikan masyarakat, termasuk ibu ibu, agar lebih bisa menjaga kesehatan mental dan fisik serta bisa adaptasi kebiasaan baru atau kenormalan baru (new normal). Situasi saat ini belum normal seperti sebelum pandemi, tetapi masyarakat harus mulai hidup dengan kenormalan baru, bisa berkarya seraya melaksanakan protokol kesehatan ketat.

“ Juga jangan overload serap berita serta tidak bisa menyaring mana berita covid yang benar dan mana yang hoak. Harus bisa saring sebelum sharing serta harus percaya kepada sumber terpercaya seperti dari pemerintah, lembaga pendidikan tinggi kesehatan dan lain lain.Jangan pula banyak di rumah lalu sosmed nya tanpa kontrol waktu, kalau perlu puasa sosmed atau dijadwal menggunakan sosmed sehingga tetap beraktivitas seperti biasa dan tetap produktif” ujar Siti Atikoh.

Sementara itu Bidan Dewi Puspitaningrum MKes dan Bidan Lia Mulyanti MKes dalam paparan “Kesehatan Ibu Tetap Terjaga di Masa Wabah Covid-19” dan “Kesehatan Anak Tetap Terjaga di Masa Covid-19” menyampaikan kesehatan ibu sangat komprehensif dan sangat penting. Sehingga ibu ibu, termasuk ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, di masa pandemi juga harus lebih memperhatikan kesehatannya. Termasuk selalu cuci tangan dengan sabun sebelum memegang anak untuk menyusui, mengenakan masker dan lain lain. Serta menjaga kondisi tubuh dengan berolah raga, konsumsi gizi seimbang dan lain lain.

Terkait kesehatan anak, keluarga perlu menjaga anak dari Covid-19. Dari data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) per 18 Mei 2020, jumlah kasus anak dengan status PDP 3.324, positif 584 dan yang meninggal 14 positif serta 129 PDP. Anak sebagai aset keluarga dan negara sehingga perlu dijaga lebih baik di antaranya hindari anak diajak ke luar rumah kecuali sangat perlu. Juga tidak perlu pergi ke berbagai pusat perbelanjaan bersama anak meski di kenormalan baru sudah mulai di buka tempat tempat umum tersebut. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI