Soal Tudingan Buruknya Penanganan Covid-19, Ini Jawaban Erick Thohir

KETUA Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir menjawab tudingan sejumlah pihak yang mengatakan pemerintah telah gagal dalam memerangi wabah pandemi Covid-19.

Padahal menurutnya, penanganan Covid-19 di Indonesia secara angka masih jauh lebih baik daripada di negara-negara besar seperti Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

“Jadi tidak ada yang salah dari Indonesia. Seakan-akan asumsi luar kita gatot, gagal total. Padahal kita ini sama baiknya. Kalau mau berdebat tingkat misalnya yang meninggal, kita balikan jumlahnya yang meninggal dan populasi, kita ini jauh lebih baik dari Amerika, Rusia, India,” ungkap Erick Thohir dalam sesi webinar Sabtu (15/8/2020).

Selain itu, dia menambahkan, beberapa perbandingan yang dibawakan juga tidak objektif. Sebab, penanganan corona di Indonesia kerap disamakan dengan negara-negara yang secara populasi jauh lebih kecil.

“Kalau dibandingkan dengan negara yang populasinya 1/10 ya tidak fair. Apalagi kita negara kepulauan, bukan negara daratan,” ujar dia.

BERITA REKOMENDASI