Srikaya Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN jenis tanaman berkhasiat obat masih hidup liar di alam bebas. Namun sudah ada pula yang dibudidayakan di pekarangan rumah maupun kebun herbal. Bahkan ada yang rutin memanfaatkannya untuk mendukung kesehatan badan secara alami. Usaha menjaga lestarinya suatu tanaman berkhasiat, lalu bisa memanfaatkan dengan baik diharapkan termasuk wujud rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa serta tak menyepelekan suatu tanaman.

Eko Riswanto yang tinggal di Ngaran Sleman meyakini pula aneka jenis tanaman buah mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan. Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan, misalnya daging buah, biji, bunga serta daun tanaman. Antara lain ada tanaman srikaya, anggur, mangga, sirsak, jambu air, pepaya dan jeruk nipis. Selain tanaman buah, sebagian jenis tanaman bumbu atau rempah-rempah dan sayur juga bagus untuk kesehatan. Bahkan binatang ternak yang mampu memberi nilai gizi setelah diolah juga mampu mendukung kesehatan, misalnya beberapa jenis ikan, ayam, kambing dan itik.

“Tanaman buah srikaya termasuk yang layak dijaga kelestariannya. Ketika sudah masak benar, daging buah srikaya lezat dikonsumsi serta mengandung banyak nilai gizi,” terangnya.

Adapun kandungan vitamin pada buah srikaya, misalnya vitamin C dan B. Selain itu juga mengandung kalori (energi), protein, serat makanan, kalsium, zat besi dan sedikit lemak. Dengan kandungan gizi tersebut, diharapkan dapat berperan dalam usaha mendukung daya tahan atau imunitas tubuh, sehingga diharapkan tak mudah terserang gangguan kesehatan. Sebaliknya, akan mampu berperan dalam menjaga kebugaran badan secara alami.

BERITA REKOMENDASI