Stem Cell Untuk Kecantikan, Amankah?

Tampil muda, cantik dan sehat merupakan impian bagi para wanita modern, terlebih bagi para public figure maupun selebritis. Mereka tidak segan-segan merogoh kocek yang lumayan untuk bisa tampil maksimal. 

Fenomena tersebut diimbangi dengan maraknya klinik kecantikan atau klinik estetika yang bermunculan dan menawarkan segala jenis perawatan wajah Anti Aging seperti Filler, Botox, Skin Booster dan yang sedang trend saat ini yaitu Stem Cell.

Apa itu Stem Cell? Ditemui di salah satu kliniknya yang berlokasi di Sinergi Co-Working Space, dr. Yusri Dinuth salah satu dokter ahli estetika banyak bercerita mengenai Stem Cell. Yusri Menjelaskan Stem Cell merupakan salah satu perawatan yang tidak hanya dipakai untuk kecantikan namun juga sangat popular di dunia kedokteran. 

Menurutnya hampir semua department kedokteran seperti dokter tulang, dokter bedah plastik, dokter jantung menggunakan Stem Cell namun dengan cara yang berbeda-beda. Misal ada pasien patah tulang kemudian disuntik Stem Cell, akan mengganti sel tulang tanpa harus dipasang Pen. Adapula yang menggunakannya untuk operasi jantung.   

Di dunia kecantikan terapi Stem Cell mulai marak sejak awal tahun 2019, Banyak klinik yang mengklaim menggunakan Stem Cell dengan harga yang bervariasi mulai dari harga murah hingga harga yang bombastic, sehingga membuat bingung pasien. Hal inilah yang kemudian ingin diluruskan oleh dr. Yusri Dinuth.

Dokter yang sekaligus seorang penyanyi tersebut menjelaskan, “Stem Cell berasal dari embrio, orang dewasa atau dari sumsum tulang, atau kombinasi keduanya, Stem Cell merupakan basic sel yang ada di tubuh manusia bisa juga disebut otak sel dari organ tubuh yang besar”.

Menurutnya untuk terapi Stem Cell harganya bisa mahal sekali, “hitungannya adalah Rp 1 namun dikalikan dengan berapa ratus ribu stem cell yang disuntikan”.   

Yusri juga menjelaskan tentang penggunaan Stem Cell di dunia kecantikan Stem Cell kerap dipergunakan sebagai anti aging atau sebagai treatment wellness untuk peremajaan kulit. Sehingga kulit wajah akan tampak kencang dan muda.  "Stem Cell yang dipergunakan di sini adalah ekstraknya, yang disebut dengan Secretome. Secretome ini merupakan olahan dari lab yang sudah teruji. Secretome Stem Cell murni, bukan campuran dari buah-buahan ataupun antibiotik," jelasnya.  

Secretome ini berfungsi sebagai pengganti sel dan komunikasi antar sel, bisa meregenerasi sel sehingga bisa menghilangkan flek dan tampil muda. Yusri juga menjelaskan distributor Stem Cell di Indonesia hanya ada satu, klinik yang menggunakannya pun tidak sembarangan harus terverifikasi.

Ketika ditanya mengenai produk Stem Cell yang beredar bebas di pasaran. Ia mengungkapkan ”kebanyakan klinik mengaku menggunakan Stem Cell padahal itu ekstrak buah. Ini yang pasien harus jeli dalam memilih produk maupun klinik kecantikan, itu yang kemudian menjadi salah kaprah. Tidak mungkin sel buah bisa mengganti sel tubuh, dari jenis sel nya saja sudah berbeda,” tuturnya sambil bercanda .

Yusri kemudian memaparkan ciri-ciri Stem Cell yang asli adalah berwana bening dan tidak bisa di stok. Karena berupa sel, tidak bisa di udara bebas, harus disimpan di tempat yang beku. “Di udara yang minus 4 derajat saja sudah tidak ada efeknya alias rusak,” tuturnya. Dan untuk kecantikan hanya membutuhkan sekitar 1,8 mili dengan cara penggunaan teknologi microdermapen sehingga Secretome tersebut akan langsung meresap ke kulit wajah. (*)
 

BERITA REKOMENDASI