Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Ini Kata Kemenkes

Sehingga, kata Nadia, total stok yang masih tersedia yakni 23 juta dosis yang bisa digunakan selama bulan April 2021. “Nah jadi kalau kita melihat dari total stok vaksin yang ada, kita sebenarnya masih memiliki kurang lebih 23 juta dosis yang kita bisa gunakan untuk selama April ini,” imbuhnya.

Kemudian, kata Nadia, Biofarma juga siap menyediakan 7 juta sampai 11 juta vaksin. “Tetapi dikarenakan produksi Biofarma karena harus ada persyaratan dalam rangka CPOB-nya, Biofarma di awal mengatakan hanya bisa menjadikan vaksin bulk atau vaksin jadi sebanyak 7 juta. Itu untuk April ini. Jadi kita masih cukup punya 7 juta. Dan kemarin dikabarkan bisa sampai dengan 11 juta.”

Nadia menegaskan bahwa vaksin yang akan tersedia kurang lebih 23 juta ditambah 11 juta vaksin dari produksi Biofarma. Dan akan datang kembali dari Sinovac. “Artinya kalau kita berbicara stok vaksin kita 23 juta, itu kurang lebih 11 juta lagi yang sedang diproduksi Biofarma menjadi vaksin jadi. Nanti di April akan kembali datang lagi dari Sinovac,” tutur dia. (*)

BERITA REKOMENDASI