Sudah Lemas Karena Kurang Tidur Saat Lebaran, Ini Cara Mengatasinya

SAAT Lebaran seperti saat ini, ada beberapa orang yang punya seabrek aktivitas. Mulai dari mengunjungi keluarga dan saudara atau menjadi tuan rumah acara halal bihalal. Aneka kesibukan membuat waktu tidur jadi kurang.

Sesungguhnya, bila selalu kurang tidur itu bisa mengganggu kesehatan. Bagaimana pun, tidur merupakan hal penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Bila terpaksa hanya bisa tidur sebentar, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar badan tetap bugar.

1. Tidur di ruangan yang tenang dan gelap

Tidur di ruangan gelap, produksi hormon melatonin dalam tubuh akan lebih maksimal. Sehingga kita bisa mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas. Ketika bangun pun tubuh bisa lebih segar.

2. Dua jam sebelum tidur jangan makan berat

Maksimalkan tubuh untuk mengistirahatkan diri saat tidur. Jangan membebaninya dengan membuat sistem pencernaan harus bekerja keras dengan makanan yang kita konsumsi. Disarankan setidaknya dua jam sebelum tidur kita tak makan berat.

3. Olah Raga Ringan

Luangkan waktu 10-15 menit untuk melakukan olahraga ringan. Dengan olahraga singkat ini tubuh bisa terasa lebih segar dan tidak gampang capek meski tidur cuma sebentar.

4. Jangan main gawai sebelum tidur

Pokoknya satu jam sebelum tidur, jauhkan berbagai jenis gadget dari tempat tidurmu. Paparan sinar biru dari layar gadget bisa mengganggu kualitas tidurmu. Lakukan hal lain yang bisa memberi efek lebih rileks seperti membaca buku.

5. Jangan minum kopi atau minuman berenergi enam jam sebelum tidur

Meski kamu hanya punya waktu beberapa jam saja untuk tidur, usahakan kamu punya jadwal tidur yang pas setiap harinya. Sehingga kamu bisa mengondisikan diri untuk tidak minum kopi atau minuman berenergi enam jam menjelang tidur. Sebagai gantinya, air putih bisa lebih menyehatkan.

Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga ringan untuk menyeimbangkan kondisi tubuh agar tetap sehat meski kurang tidur. (*)
 

BERITA REKOMENDASI