Sulit Tidur, Coba Atasi Dengan Markisa

Editor: KRjogja/Gus

ANEKA tanaman berkhasiat dapat diolah atau diproses dengan cara-cara alami sehingga mempunyai cita rasa khas yang enak dikonsumsi. Hasilnya pun diyakini dapat membantu mewujudkan sehat, baik sebagai usaha mencegah ataupun melawan gangguan kesehatan.

Jenis sayur kol atau kubis baik yang putih maupun ungu termasuk bagian dari tanaman berkhasiat. Selain dapat dimasak dengan dikombinasi bahan-bahan lain, dapat juga dijadikan sebagai lalapan.

Seperti dikutip dari harianmerapi.com, Khoirotin asal Minggir Sleman mengungkapkan, buah dari tanaman markisa diyakini memiliki beragam manfaat kesehatan. Cara memanfaatkannya pun beragam, antara lain ada yang dikonsumsi langsung, dibuat jus buah, sari buah ataupun sirup markisa. Aroma dan cita rasanya cukup khas, terutama ada rasa asamnya.

“Kandungan nutrisi dalam markisa pun cukup tinggi, misalnya ada vitamin C yang dikenal dapat berperan mendukung daya tahan tubuh dari gangguan kesehatan,” ungkap Khoirotin.

Bahkan bahan alami berkhasiat dari buah markisa juga dapat dijadikan sebagai bahan alami menyingkirkan sulit tidur atau insomnia, sebab mempunyai efek membuat mengantuk pada sistem saraf manusia. Alhasil bisa membuat perasaan tenang dan membantu dalam merilekskan pikiran. Cara sederhananya bisa cukup minum segelas jus, sari maupun sirup buah markisa beberapa saat sebelum tidur. Tak ketinggalan, markisa juga bisa dijadikan sebagai pencahar ringan sehingga membantu mencegah sembelit.

“Baik jenis markisa warna kuning biasa maupun yang ungu, sama-sama memiliki khasiat kesehatan,” tandasnya.

Sedangkan kandungan serat yang tinggi pada buah markisa memiliki peran seperti ikut membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, saluran pencernaan. Tak ketinggalan dapat membantu membersihkan usus. Ketika usus bisa bersih, atau tak banyak toksin menumpuk menjadikan sistem pencernaan lebih terjaga kesehatannya. Sehingga tak ada salahnya, jika bisa rutin mengkonsumsi buah markisa maupun hasil olahannya. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI