Susu Kambing Bantu Hilangkan Racun Dalam Tubuh

Editor: KRjogja/Gus

TOKSIN atau racun di dalam tubuh, jika semakin banyak akan berdampak negatif bagi kesehatan. Toksin ini bisa masuk ke tubuh, misalnya yang terkandung dalam makanan maupun minuman menggunakan pewarna sampai pengawet sintetis.

Menurut pembuat olahan susu kambing asal Seyegan, Haryanti, salah satu bahan alami sebagai penawar toksin adalah susu kambing. Baik itu dengan rutin mengkonsumsi susu kambing murni ataupun dibuat sejumlah olahan. Jenis olahan susu kambing, antara lain dibuat wujud bubuk, kefir, es krim dan dodol.

“Sama halnya susu sapi, susu kambing mempunyai banyak manfaat kesehatan. Hanya saja susu kambing biasa lebih mahal, selain karena produksinya terbatas, juga lebih banyak khasiat kesehatannya. Selain itu tak memicu alergi maupun diare,” ungkap Haryanti seperti dikutip dari Harianmerapi.com.

Ketika dipadu sejumlah bahan lain, dengan adanya bahan wujud susu kambing, manfaat kesehatan lainnya, seperti membantu mengatasi masalah asam lambung, gangguan pada saluran pernafasan, infeksi dan gangguan kesehatan pada organ pencernaan. Selain itu susu kambing rendah kolesterol dan kadar laktosanya lebih rendah dibanding susu sapi.

“Ketika dibuat wujud bubuk, susu kambing dapat dipadu dengan gula aren. Manfaat gula aren bagi kesehatan juga lumayan banyak,” tegasnya.

Manfaat kesehatan gula aren, misalnya ikut mengurangi risiko nyeri sendi serta menguatkan organ limpa. Bahkan mengandung zat antioksidan, sebagai musuh rematik serta anemia (kurang darah). Mengingat ada banyak manfaat kesehatannya, mengkonsumsi rutin olahan berbahan susu kambing akan berdampak positif bagi kesehatan. (Yan)

BERITA REKOMENDASI