Tanaman Ajeran Mampu Usir Demam Hingga Usus Buntu

TANAMAN ajeran berasal dari Amerika Selatan. Kendati tanaman ajeran tergolong rumput liar, namun dikenal sebagai tanaman herbal. Terlebih cukup akrab di Afrika seperti di Kenya, Kongo, Boswana, Zambia, Zimbabwe, Afrika Selatan, dan Mozambik.

Department of Agriculture, Forestry and Fisheries, mencatat, tak disangka pemanfaatan ajeran di negara-negara Barat ternyata jauh lebih berkembang. Hal itu terlihat dari banyaknya literatur yang mengulas tanaman yang ramuannya terasa pahit ini. Sebuah lembaga sosial di Hawaii yang bergerak dalam bidang pengembangan beragam tanaman dan bunga untuk kesehatan mengungkapkan, ajeran memiliki sifat antiinflamasi ringan, seperti halnya aspirin dan ibuprofen.

Menurut Steven Malbrouh MD, ajeran memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai antiinflamasi ringan alami pereda demam. Selain itu, pemanfaatan ajeran secara luas dapat dilakukan dengan merebus daun segar atau mengeringkannya untuk bahan baku minuman, seperti halnya teh. Tanaman ajeran mengandung alkaloid poliina, saponin, zat pahit, minyak atsiri, dan zat samak. Oleh karena itu, tanaman ini dapat dimanfaatkan bagi tubuh kita sebagai berikut:

Minuman penyegar

Ambil daun ajeran segar lebih kurang 10 gram. Setelah dicuci dan dibersihkan, rebus dengan dua gelas air. Setelah masak, dinginkan. Tentu saja minuman ini terasa pahit. Maka, boleh tambahkan madu sebagai pemanis atau sedikit cengkeh agar terasa lebih segar di tenggorokan. Srupuutttt…..segar lega ! Namun awas peringatan: Hindari penggunaan berlebih karena dapat menyebabkan iritasi pada ginjal. Tak ada salahnya sebelum memanfaatkan ramuan ini, pastikan ginjal Anda sehat.

Demam

Ambil daun ajeran segar segenggam atau lebih kurang 5 gram, tambahkan dengan daun sembung dan jahe secukupnya. Campur semua bahan dan rebus dengan 500 ml air. Setelah mendidih, dinginkan, lalu saring. Dalam
keadaan hangat atau dingin, air hasil saringan dapat dimanfaatkan untuk minuman pereda demam.

Cara lainnya, ambil daun ajeran yang telah dikeringkan sekitar satu genggam, campur dengan jahe secukupnya atau cengkeh sekitar lima buah. Rebus semua bahan tersebut dalam dua gelas air. Setelah mendidih, saring, dan
dinginkan sebelum diminum.

BERITA REKOMENDASI