Tebu Berkhasiat Untuk Kesehatan Jantung

Editor: KRjogja/Gus

ASUPAN memiliki nilai gizi serta bermanfaat bagi kesehatan cukup mudah ditemukan. Sebagian di antaranya perlu diolah dahulu, lalu dijualbelikan dengan harga terjangkau.

Menurut Warjana yang tinggal di Margoluwih Sleman, bahan alami wujud tebu dapat dikonsumsi langsung maupun dibuat sari tebu. Hasil perasan atau air tebu diyakini mempunyai nilai gizi termasuk di antaranya ada kandungan vitamin B2 cukup tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi air tebu dapat mendukung atau menjaga kesehatan jantung. Termasuk juga dapat membantu meredam jantung berdebar atau jantung yang berdenyut dengan cepat atau lebih dari 80 kali per menit. Padahal denyut jantung yang normal, yakni antara 60 sampai 80 kali per menit.

“Beberapa jenis tebu, seperti tebu kuning, hijau dan hitam sama-sama mempunyai nilai gizi dan bisa mendukung kesehatan. Jika bisa menanam sendiri, sewaktu-waktu ingin membutuhkan tinggal menebang pohon tebu yang biasa hidup dalam satu rumpun atau bergerombol,” terang Warjana seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Ditambahkan, bahan alami wujud pisang dipercaya juga mempunyai aneka khasiat atau manfaat kesehatan. Daging buah pisang antara lain diyakini mampu meningkatkan kadar homostein akibat kekurangan komponen folat dan vitamin B6. Jika sampai kekurangan, akan bisa memicu kanker usus. Selain itu berkhasiat melancarkan urin, meredam batuk dan menghangatkan badan. Adapun buah pisang yang diblender bersama kulitnya ditambah wijen hitam secukupnya membantu melawan darah tinggi (hipertensi). Saat akan diblender diberi air secukupnya, lalu hasil blenderannya diminum sampai habis dalam sehari. Bahkan bisa juga ditambah madu murni secukupnya, sehingga cita rasanya semakin khas dan menambah manfaat kesehatan secara alami.(Yan)

 

BERITA REKOMENDASI