Temu Mangga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

TANAMAN kunir putih jenis mangga atau bisa disebut temu mangga mempunyai banyak manfaat kesehatan. Bagian rimpangnya selain diekstrak lalu diwujudkan dalam bentuk kapsul, bisa juga dimanfaatkan secara sederhana misalnya diiris-iris tipis dan dijadikan lalapan.

Cara sederhana lainnya, yaitu cukup diparut lalu hasil parutan diperas dan airnya diminum. Dosis yang ideal, satu sendok teh air hasil perasan diseduh dengan setengah gelas air panas. Selanjutnya  diendapkan dan yang diminum hanya airnya. Guna menjaga kesehatan, dalam sehari cukup minum sekali dan untuk pengobatan alami dapat dua sampai tiga kali sehari.

"Kalau hasil akhirnya wujud kapsul, rimpang kunir putih jenis mangga atau temu mangga melewati proses ekstrak terlebih dahulu," papar  herbalis sekaligus dosen yang tinggal di kawasan Sedayu Bantul, Prof Dr Ir Hj Dwiyati Pujimulyani MP, baru-baru ini.

Dia menjelaskan adapun manfaat dan khasiat temu mangga, antara lain dapat meredakan serangan darah tinggi (hipertensi) dan kandungan antioksidannya sebagai musuh radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, temu mangga membantu mencegah dan melawan peradangan/kanker maupun gangguan kesehatan yang berhubungan dengan lemak. 

"Jenis kanker, misalnya hati, payudara, paru-paru, leher rahim dan leukimia. Sedangkan terkait peradangan, seperti maag, ambien, tenggorokan, radang hati, bronkitis, nyeri haid, asma, diabetes dan bisul," paparnya.

Lalu yang berhubungan dengan lemak, misalnya darah tinggi (hipertensi), jantung, asam urat dan stroke. Selain itu dapat bermanfaat sebagai penurun kolesterol jahat di dalam tubuh. Kesaksian dari penderita keluhan kesehatan,lalu bisa normal pun datang dari berbagai lapisan masyarakat.

“Penting untuk diketahui, rimpang kunir putih jenis mangga atau temu mangga mempunyai ciri khas tersendiri. Beda dengan kunir putih biasa yang warnanya cenderung putih maupun kunir putih gombyok,” tandas Hj Dwiyati. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI