Temulawak Meningkatkan Energi Tubuh

Editor: Ivan Aditya

TANAMAN ini semula hanya tumbuh di kebun, pekarangan kosong secara hidup liar, bahkan bisa dijumpai di pinggir jalan. Namun seiring dengan kebutuhan akan tanaman obat keluarga (toga) kini banyak petani, atau kelompok wanita tani (KWT), Dasa Wisma, PKK atau pun secara mandiri, memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam jenis empon-empon, di antaranya adalah temulawak.

Dalam Serat Jampi Jawi tinggalan leluhur yang memuat hampir 261 resep Jampi Jawi, salah satunya disebut temulawak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. “Yen panjenengan ajeg ngunjuk ramuan temulawak, awak bakal seger lan bisa ningkatake energi. Kejaba kuwi bisa nyegah masuk angin lan weteng kembung, nambah nafsu mangan”. Kalau kami secara rutin meminum ramuan temulawak, tubuh bakal segar dan fit meningkatkan energi tubuh. Kecuali itu juga mencegah masuk angin, perut kembung serta meningkatkan nafsu makan.

Demikian secuil keterangan tentang manfaat dan kegunaan temulawak untuk kesehatan tubuh, menurut resep tradisional Jami Jawi tinggalan leluhur yakni kini masih relevan untuk dilestarikan. Temulawak dengan serat yang tinggi akan mampu menjaga kesehatan tubuh, terutama sistem pencernaan. Bahkan ketika sedang mengalami diare, sembelit atau sulit buang air besar, dengan mengonsumsi temulawak semuanya akan bisa diatasi.

Temulawak dengan sifat antiflamasi, akan dapat membantu dalam mengatasi peradangan yang dapat datang sewaktu-waktu. Juga menyembuhkan luka akibat goresn benda tajam, atau terjatuh dari kendaraan bermotor. Temulawak juga bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan luka makin parah dan sulit sembuh, dengan mengonsumsi secara rutin.

Karena memiliki sifat antioksidan, temulawak dapat mencegah munculnya kanker. Hal ini karena dapat menangkal radikal bebas, yang menimbulkan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Mengonsumsi temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini karena kandungan curcuma tinggi mampu menurunkan kolesterol jahat dengan efektif.

Dengan rajin atau rutin mengonsumsi temulawak, baik sari mmaupun ekstraknya dapat menambah nafsu makan, khusunya untuk anak-anak. Hal ini karena kandunganminyak atsiri dapat menambah nafsu makan yang terjkadang hilang, hingga kekurangan nutrisi. Selain itu mengonsumsi temulawak akan mampu mengurangi tumuhnya jamur pada kulit, akibat infeksi bakteri. Juga mampu mencegah munculnya jerawat, karena temulawak bersifat astringent yakni mengurangi minyak yang diproduksi wajah melalui kelenjar.

Disamping itu, temulawak juga mengandung antiseptik yang mampu membikin kulit nampak bersih dan terhindar dari bakteri dan terhindar dari munculnya jerawat. Dengan demikian, tidak hanya memicu tumbuhnya jerawat tetapi juga mencegah timbulnya atau munculnya jerawat kembali. Itulah sebagian manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh, para leluhur tetap percaya tamba teka lara lunga dengan melestarikan resep Jampi Jawi tersebut.

Adalah Akhmad Badawi (68) tahun warga Gamplong 3, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman kini memanfaatkan tanah pekarangannya untuk bertanam empon-empon. Ada jahe, kunyit, kunir putih dan temulawak. Akhmad Badawi telah meramu empon-empon tersebut dalam bentuk ramuan serbuk kristal yakni minuman segar yang menyehatkan, caranya cukup disedu dengan air panas dan diminum ketika hangat-hangat tahi ayam. Bisa diminum sehari dua kali, pagi atau sore sambil makan cemilan.

“Rasanya segar dan menyehatkan tubuh, badan bakal fit kembali tanpa aras-arasen untuk beraktivitas sehari-hari, ” ujarnya di rumahnya. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI