Terlalu Sering Bersendawa, Anda Patut Waspada

Editor: KRjogja/Gus

BERSENDAWA tiga sampai empat kali setelah makan adalah normal, meski mungkin kurang sopan secara etika. Namun, jika terlalu sering bersendawa, sudah saatnya Anda cemas.

Bersendawa adalah proses di mana udara atau gas dilepaskan dari perut dan kerongkongan melalui mulut. Sendawa adalah peristiwa normal, tetapi jika terlalu sering bisa menjadi pertanda Anda mengalami masalah kesehatan.

Berikut 7 daftar fakta kesehatan tentang bersendawa yang Anda harus tahu seperti dilansir Boldsky:

Fakta 1

Ada gangguan sendawa disebut supragastrik, di mana pasien menelan sejumlah air yang secara tidak sadar menyebabkan sering bersendawa. Namun, pengobatan untuk mengatasi gangguan tersebut adalah dengan minum air.

Fakta 2

Ada kondisi lain yang disebut gastroparesis, di mana otot-otot perut menjadi lumpuh sebagian. Kondisi ini membuat perut tidak dapat mengosongkan makanan, sehingga sering bersendawa.

Fakta 3

Seseorang juga dapat mengembangkan gangguan bersendawa jika memiliki masalah menelan makanan. Hal ini biasanya dikarenakan sakit tenggorokan.

Fakta 4

Jika sendawa Anda bau busuk, maka artinya menderita gangguan pencernaan. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter secepat mungkin untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut.

Fakta 5

Sering bersendawa tetapi tidak jelas penyebabnya, terkadang dikaitkan dengan penurunan berat badan. Karena, hal tersebut sering menyebabkan hilangnya nafsu makan. Namun, sering sendawa juga bisa menjadi tanda adanya tumor di esofagus atau kerongkongan.

Fakta 6

Sering bersendawa juga bisa menjadi salah satu tanda dari asam refluks atau penyakit asam lambung. Jika tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan radang perut.

Fakta 7

Dalam beberapa kasus, orang-orang yang telah menjalani operasi perut internal dan beberapa bagian dari usus dibuang, mereka mungkin tidak dapat bersendawa sama sekali. (*)    

 

BERITA REKOMENDASI