Terlanjur Meluas, Virus Corona Tak Berakhir dalam Waktu Dekat?

ILMUWAN mikrobiologi Hong Kong menjelaskan, Virus Corona COVID-19 tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Sebab, virus ini sudah terlanjur menyebar ke berbagai negara.

Dilansir South China Morning Post, Senin (9/3/2020), profesor Yuen Kwok-yung dari University of Hong Kong menyebut kasus Virus Corona dapat kembali terjadi walau kasus di China dan Hong Kong mereda di musim panas mendatang. Jika sebelumnya virus menyebar dari China, maka kebalikan bisa terjadi, yakni pengidap virus datang ke China.

“Kami berpikir epidemi ini mungkin tidak akan berakhir,” ujar Yuen. “Akan ada yang kita sebut sebagai kasus impor terbalik. Pada awalnya negara-negara lain takut pada kita, sekarang kita yang takut pada mereka,” ucap Yuen.

Lebih lanjut, Yuen menyebut Virus Corona tidak akan berakhir hingga ada vaksin yang murah, efektif, dan mudah didapatkan mayoritas penduduk. Kemungkinan lainnya adalah jika mayoritas populasi telah tertular dan mendapat imunitas alami.

Kasus Virus Corona di luar China memang sedang marak, terutama di Iran dan Italia. Kini di Hong Kong ada perintah wajib karantina bagi pendatang dari Iran dan beberapa daerah Korea Selatan dan Italia.

Warga Hong Kong pun diminta oleh Yuen agar menghindari berpergian setidaknya hingga akhir tahun. Pasalnya, kasus impor Virus Corona di Hong Kong mulai terjadi, seperti pada kelompok tur dari India.

“Ketika epideminya serius, hindari berpergian ke tempat-tempat lain kecuali perlu,” ujarnya.(*)

BERITA REKOMENDASI