Ternyata Bahan Pangan Lokal Mampu Menjaga Imun Tubuh

Sementara neutraseutikal, menurut dia, berasal dari kata nutrisi dan farmasi yaitu bahan makanan yang memiliki potensi selain memberikan nutrisi juga mencegah dan mengatasi penyakit serta memberikan keamanan efek terapi.

“Indonesia memiliki kekayaan biodiversity luar biasa yang berpotensi sebagai pangan fungsional dan neutraseutikal. Di masa COVID-19 ini kita mengambil peran untuk menggali potensi kekayaan alam tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bahkan jadi antivirus Corona,” kata Prayudi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balitbangtan meluncurkan buku saku berjudul “Bahan Pangan Potensial untuk Antivirus dan Imun Booster” yang disusun BB Pascapanen.

Fadjry berharap buku ini bisa menjadi referensi tambahan dalam mengenal pangan dan cara pengolahannya untuk dimanfaatkan untuk menjadi potensi antivirus dan peningkatan daya tahan tubuh.

“Buku ini akan mengedukasi masyarakat bahwa tidak semua bisa diselesaikan dengan medical solution dengan menggunakan vaksin. Kita bisa menyiapkan dari awal dengan mengonsumsi nutrisi yang sehat dan seimbang supaya kita tidak terserang COVID-19. Kalau daya tahan tubuh kita kuat, mudah-mudahan virus itu menjauh dari kita,” katanya.(ati

BERITA REKOMENDASI