Tidur Setelah Sahur Ganggu Kesehatan, Ini Penjelasannya

Salah satu cobaan bagi orang yang berpuasa adalah menahan tidur sesaat setelah sahur. Padahal tidur setelah makan tidak baik buat kesehatan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Vivien Maryam, Sp.PD, tidur setelah makan itu berbahaya. Sebab bisa memicu penyakit asam lambung atau gastroesofageal refluks disease.

“Jangan tidur sesaat setelah makan. Ini bisa menimbulkan GERD (gastroesofageal refluks disease),” ujarnya lewat keterangan tertulis kepada Okezone pada Rabu 29 April 2020.

Dokter Vivien melanjutkan, kondisi ini adalah makanan yang sudah tertelan masuk ke lambung akan kembali ke saluran esofagus jika kita dalam posisi terbaring (tidur) sesaat setelah makan.

Dengan begitu, efek buruknya dapat mengakibatkan ‘heart burn’ atau rasa panas di dada akibat asam lambung yang naik ke wilayah esofagus.

Bahkan langsung tidue usai sahur bisa membuat tenggorokan kering yang diakibatkan asam lambung tadi. “Efek tak nyaman lainnya bahkan dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan serak akibat asam lambung yang naik sampai ke tenggorokan,” sambungnya.

Oleh karena setiap Muslim yang sahur disarankan untuk berakvitas setelah sahur, misalnya membaca Alquran, kemudian sholat subuh, dan lain-lain.

Lalu berapa jam setelah sahur boleh tidur? “Jika ingin tidur sebaiknya 2 jam setelah sahur. Sambil menunggu waktu tersebut, dapat diisi dengan membaca Alquran,” ujar dr Vivien.

BERITA REKOMENDASI