Tips Merawat Kesehatan Gigi, Mudah Namun Kerap Diabaikan

Editor: Ary B Prass

 

KESEHATAN gigi dan mulut sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena asupan gizi yang masuk melalui mulut. Selain itu apabila gigi dan gusi mengalami infeksi, kuman pun akan menyebar ke organ tubuh yang lain.

Hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi dan gusi adalah dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam menjelang tidur. Hal tersbut terbukti efektif untuk mencegah kerusakan gigi, karena pencegahan lebih murah disbanding pengobatan. Meskipun terkesan sederhana, hal tersebut terkadang berat dilakukan bagi sebagian orang.

Berikut tips sederhana untuk mencegah gigi berlubang oleh drg. Ita Lestari :

  1. Gosok gigi secara teratur 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam menjelang tidur. Sikat gigi ini berfungsi untuk menghilangkan sisa makanan dan menghilangkan gula yang menempel pada permukaan gigi.
  2. Kurangi makan dan minum manis, karena makanan manis yang tertinggal di mulut terlalu lama akan mengakhibatkan demineralisasi yaitu proses berkuranganya enamail. Dengan menggosok gigi yang benar dengan menggunakan fluoride akan menyebabkan bakteri tidak mudah menjadi asam. Salah satu yang menyebabkan gigi berlubang adalah ketika bakteri bercampur gula  dan substrat, dan bercampur dalam waktu yang lama terjadilah deminerlisasi itu.
  3. Rutin periksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Dengan rutin memeriksakan gigi akan mengurangi resiko sakit gigi dan gusi. Dan mengantisipasi white spot (gigi putih seperti kapur namun belum berlubang) menjadi black spot. Dokter gigi akan memberikan fluoride secara menyeluruh ke permukaan gigi dan pasien diminta untuk tidak makan dan minum selama 2 jam. Karena itu akan mempercepat kerja fluoride.

BERITA REKOMENDASI