Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi RSUP Dr Sardjito Lakukan Penguatan Fungsi Sisrute Masternal Neonatal di DIY

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– RSUP Dr Sardjito merupakan rumah sakit utama pendidikan dari  Fakultas Kedokteran  Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, saat ini  sekaligus menjadi salah satu rumah sakit vertikal  dengan area cakupan  seluruh propinsi DIY,  Jawa Tengah bagian selatan, Jawa Timur bagian barat, dan  provinsi lain baik di pulau Jawa maupun luar pulau Jawa.

RS ini juga mempunyai kekuatan-kekuatan yang bisa outstanding,  untuk menjalankan amanah dari Kementrian Kesehatan. Saat ini Kemenkes sedang melaksanakan transformasi pelayanan kesehatan diantaranya adalah penguatan FKTP maupun FKTL,  Ketahanan SDM  kesehatan, Kegawat Daruratan Medis.

“Di  era disruptif dan masa pandemi Covid-19, salah satu permasalahan/ Issue strategis dalam bidang kesehatan adalah semakin tingginya angka kematian ibu dan bayi yang disebabkan karena Covid-19. Salah satu program yang sudah dikembangkan oleh Kementrian Kesehatan adalah Sistem Rujukan  Terintegrasi (SISRUTE) belum mampu berperan dalam mencegah kematian khususnya ibu dan bayi,” terang Dr dr Sri Mulatsih, Sp.AK.MPH,  selaku Direktur Medik, Keperawatan, dan Penunjang RSUP Dr Sardjito dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi KRJogja.com, Kamis (7/10/2021).

Berdasarkan hal tersebut di atas, RSUP Dr Sardjito dalam kerangka Academic Health System (AHS) bersama dengan FKKMK dan Dinas Kesehatan melaksanakan proyek perubahan dengan tema “Penguatan Fungsi SISRUTE Maternal Neonatal di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta “.

 

BERITA REKOMENDASI