Unesa Kembangkan Nanoglod Imun Penderita Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA com – Universitas Negeri Surabaya (UNESA),telah berhasil mengembangkan Nanoglod”” untuk imun (daya tahan) tubuh untuk penderita Covid 19.

“Covid-19 juga lepra, keduanya membutuhkan sistem imun tubuh yang baik untuk membunuh virusnya,” kata Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dalam temu media yang digelar secara daring, Jumat (1/10/2020).petang

Pada penelitian yang dilakukan terhadap penyandang lepra atau kusta, nanogold diketahui cukup efektivitas meningkatkan imunitas para penyandang lepra. Ini ditandai dengan tak mudahnya penderita sakit pilek, batuk, flu, panas dan sakit-sakit ringan lainnya. Peningkatan imun juga ditandai dengan cepatnya kesembuhan pasien lepra bila terserang beberapa penyakit.

Atas dasar pengalaman empiric ipada masa pandemi Covid-19, penelitian nanogold yang dilakukan sejak tahun 2017 dikembangkan untuk membantu meringankan penderita Covid-19 melalui peningkatan imun tubuh. Sebelumnya penelitian ini juga telah dikembangkan oleh Puat Inkubasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam beberapa produk kosmetik dan herbal kesehatan.

“Mengambil momentum pandemi Covid-19, dimana pemerintah mengimbau pengalihan topik penelitian untuk membantu menanggulangi wabah Covid-19, maka orientasi penelitian ini saya ubah ke ara membantu penderita Covid-19 sekaligus mencegahnya, melalui peningkatan imun tubuh,” lanjut Prof Titik.

BERITA REKOMENDASI