Usai Sahur Langsung Tidur, Ini Bahayanya

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Hati-hati jika Anda punya kebiasaan usai sahur langsung tidur. Apalagi pada awal-awal Ramadan seperti ini. Memang hal ini butuh penyesuaian, namun kebiasaan ini harus diubah sebab dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Terutama untuk masalah pencernaan, karena organ pencernaan tubuh akan bekerja lebih ekstra untuk mencerna makanan. Bahkan hanya berbaring saja tanpa benar-benar tidur dapat memicu masalah kesehatan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa kembali tidur?

Mengutip Cnn.indonesia, apabila makanan yang dikonsumsi saat sahur kaya karbohidrat, protein, dan sayuran, maka dibutuhkan sekitar tiga jam untuk makanan turun sempurna dari lambung.

Jika langsung tidur kurang dari waktu cerna yang direkomendasikan, akan berdampak mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh.

Untuk mengisi waktu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya ibadah subuh, seperti salat dan mengaji, membersihkan dapur atau kegiatan lainnya yang bermanfaat.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang mungkin muncul karena langsung tidur setelah sahur

1. Refluks asam lambung atau GERD

Setelah makan, jangan langsung berbaring karena dapat meningkatkan komplikasi GERD atau refluks asam lambung, seperti kerusakan pada esofagus.

Posisi telentang atau miring dapat menyebabkan makanan yang belum sepenuhnya dicerna di lambung mudah naik ke kerongkongan. Apalagi jika usai makan berat, Anda akan bangun dengan perut kembung.

Tidur setelah makan sahur dapat memicu GERD karena tubuh tidak dalam posisi tegak–posisi ideal untuk mencerna makanan. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama, bisa memicu asam lambung.

Memang hal ini tak akan langsung terasa ketika Anda melakukannya sekali atau dua kali. Jika dilakukan terus-menerus akan menimbulkan gejala yang berarti seperti panas di dada, tenggorokan panas, mual, bersendawa, dan mulut pahit adalah gejala yang menunjukkan refluks.

2. Menurunkan kualitas tidur

Langsung tidur setelah sahur bisa memunculkan perasaan gelisah sehingga mengganggu kualitas tidur.

Kebiasaan langsung tidur setelah sahur, terutama makan makanan berlemak dapat menurunkan kualitas tidur.

Saat kenyang, Anda mungkin akan terasa mengantuk, tetapi akan muncul perasaan gelisah sehingga membuat mudah terbangun saat tidur.

3. Serangan jantung

Langsung tidur setelah sahur dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Kebiasaan langsung tidur setelah makan ternyata punya dampak yang sama buruknya dengan meluapkan emosi yang meledak-ledak, mengutip ScienceDaily.

BERITA REKOMENDASI