Usia di Bawah 45 Tahun Boleh Kerja Lagi, Waspada Ancaman Penyakit Ini

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19, Doni Monardo memberikan kelonggaran bagi masyarakat berusia di bawah 45 tahun untuk beraktivitas kembali. Keputusan ini diambil setelah Tim Gugus Tugas memperoleh data tingkat kematian yang lebih rendah pada kelompok usia yang relatif muda.

Meski cenderung lebih resisten terhadap penularan virus corona COVID-19, namun kelompok ini memiliki risiko penyakit lain yang kerap menyerang pada usia 40 tahun. Penyakit tersebut dapat melemahkan imunitas tubuh yang menyebabkan seseorang menjadi mudah terinfeksi COVID-19.

Merangkum dari Life Line, Rabu (13/5/2020), berikut lima penyakit yang kerap menyerang orang di usia 40-an :

1. Hipertensi (Tekanan darah tinggi)

Hipertensi adalah kondisi kesehatan jangka panjang di mana tekanan darah di dalam arteri terus meningkat. Menurut National Health Service (NHS), satu dari empat orang dewasa di Inggris mengalami tekanan darah tinggi dan tidak menyadarinya. Gejala umum hipertensi biasanya tidak begitu terlihat, tapi ketika mereka naik, maka akibatnya sangat berbahaya bagi manusia.

Beberapa gejala hipertensi adalah sakit kepala, merasakan kecemasan yang relative parah, nyeri dada, serta detak jantung yang menjadi tidak teratur. Hipertensi menyebabkan banyak tekanan pada pembuluh darah, jantung dan organ vital lainnya seperti ginjal.

2. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyebab utama kematian di Inggris. Kondisi ini terjadi ketika pasokan darah pada jantung tersumbat atau terganggu oleh penumpukan zat lemak yang ada pada arteri koroner. Orang yang memiliki tingkat risiko terkena penyakit jantung koroner bisa diketahui melalui tes treadmill, pemindaian radionuklida dan CT.

Cara mengurangi risiko penyakit jantung koroner, maka seseorang harus bisa mengubah gaya hidupnya. Beberapa diantaranya adalah olahraga teratur, mengonsumsi makanan seimbang dan berhenti merokok. Beberapa jenis obat dan tindakan operasi juga bisa mengobati penyakit jantung koroner.

3. Diabetes

Orang pada usia 40-an berpotensi untuk terkena diabetes. Diabetes adalah penyakit seumur hidup yang disebabkan karena pancreas tidak memproduksi cukup insulin. Diabetes tipe dua adalah penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat dunia. Diperkirakan satu dari 10 orang dengan usia 40-an menderita diabetes.

Penyakit ini bisa dicegah dengan gaya hidup sehat dengan meningkatkan jumlah serat dan mengurangi asupan gula dan lemak, cegah obesitas dengan mengurangi asupan kalori dan aktif secara fisik, terakhir adalah rutin berolahraga.

4. Stroke

Stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak manusia terputus. Tanpa darah sel-sel otak dapat rusak bahkan mungkin mati. Stroke juga berpotensi membuat seseorang menjadi cacat. Seseorang bisa mengetahui gejala awal stroke dengan memperhatikan beberapa gejala yang ditimbulkan pada tubuh.

Biasanya orang yang mengalami stroke akan mengalami perubahan bentuk wajah bisa berupa mulut atau mata yang terlihat terkulai. Bisa juga mengalami kelemahan pada salah satu bagiannya, berasa kesulitan berbicara, bisa menjadi kacau atau sama sekali tidak jelas (pelo).

5. Gangguan ginjal akut

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kondisi medis lain yang berdampak pada ginjal. Beberapa di antaranya adalah infeksi ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes dan radang ginjal. Sayangnya gejala pada tahap awal penyakit ini cukup jarang terjadi. Cara untuk mengetahuinya dengan melakukan tes darah atau urin.

Penyakit ini akan menimbulkan gejala bagi penderitanya apabila kondisinya semakin memburuk. Beberapa gejala yang mungkin dialami oleh orang yang mengalami gangguan ginjal adalah sesak napas, rasa sakit yang tak tertahan, darah pada urine, pergelangan kaki dan tangan yang tampak bengkak, dan kelelahan.

BERITA REKOMENDASI